Kepala Staf Koarmada II Hadiri Upacara Pemberangkatan Kogasgabratmin Dalam Latihan Kartika Yudha -->

Iklan Semua Halaman

Kepala Staf Koarmada II Hadiri Upacara Pemberangkatan Kogasgabratmin Dalam Latihan Kartika Yudha

Redaksi
Kamis, 05 November 2020

Surabaya || ak.
Kepala Staf Koarmada II Laksma TNI Teguh Isgunanto menghadiri upacara pemberangkatan Komando Tugas Gabungan Pendaratan Administrasi (Kogasgabratmin), dalam rangka Latihan Kartika Yudha TNI AD TA. 2020 yang dipimpin oleh Pangdiv 2 Kostrad Mayjen TNI Tri Yuniarto, bertempat di Dermaga Madura, Mako Koarmada II Ujung, Surabaya pada Kamis (05/11).

Dalam latihan tersebut melibatkan beberapa kapal perang jajaran Kolinlamil yaitu jenis angkut tank dan personel yang terdiri dari KRI KBI-971, KRI THG-538, KRI TLP-540, KRI TBN-520, KRI TGK-531, KRI TCN-543 dan juga beberapa KRI dari jajaran Koarmada II diantaranya KRI OWA-354, KRI DPN-367, KRI MKS-590, KRI KST-356, KRI TLE-517 dan KRI PAR-849.

Latihan ini juga melibatkan sedikitnya 1000 prajurit TNI AL yang akan melaksanakan latihan Prosedur Keluar Pelabuhan, Melewati Medan Ranjau, Pembentukan Tabir, Isyarat Bendera, Manuver Taktis, Pendekatan RAS, Isyarat Lampu Bidik, Pertahanan Udara dan Prosedur Memasuki Daerah Sasaran.

Disisi lain Laksma Teguh berharap latihan ini bisa menyamakan persepsi dan pemahaman antar prajurit dalam melaksanakan opsratmin, serta terjalinnya koordinasi dan kerjasama antar angkatan atau satuan. " Dimana hal tersebut  selaras dengan program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono tentang penyelarasan doktrin, operasi dan latihan dan sistem pelatihan yang fleksibel dan adaptif terhadap dinamika situasi terkini," pungkas Laksma Teguh.(AD).