TNI AL Koarmada II Gelar Serbuan Vaksin di Pulau Terpencil di Ujung Timur Madura (Pulau Sapeken) -->

Iklan Semua Halaman

TNI AL Koarmada II Gelar Serbuan Vaksin di Pulau Terpencil di Ujung Timur Madura (Pulau Sapeken)

Redaksi
Selasa, 06 Juli 2021

Surabaya - Guna mensukseskan program pemerintah 2 juta vaksin per hari, Koarmada II yang bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Universitas Hang Tuah menggelar serbuan vaksinasi kepada masyarakat maritim yang tinggal di pulau terpencil diujung timur Pulau Madura yaitu Pulau Sapeken yang memiliki luas wilayah 1 Km2 dan dihuni 8500 orang jiwa.

Tim Penyelenggara vaksinasi dari Koarmada II yang dipimpin oleh Asisten Operasi Pangkoarmada II Kolonel Laut (P) Edi Haryanto dengan Tim Vaksinator dipimpin langsung oleh Kadiskes Koarmada II Kolonel Laut (K) Tirta Nandaka, Sp.Kj.K. yang tiba di Pulau Sapeken menggunakan KRI Teluk Banten-516 dan KRI HIU-634 yang bisa menjangkau kegiatan vaksinasi di daerah terpencil Pulau Sepaken. Selasa (6/7).

Asops Pangkoarmada II menyampaikan "Sengaja Koarmada II menjadikan Pulau Sapeken sebagai Sasaran Serbuan Vaksin kali ini karena jaraknya yang jauh kurang lebih 200 km dari pulau Sumenep dan lebih dari 200 km dari Pulau Bali dengan wilayah 1 Km2 dihuni oleh 8500 orang jiwa sehingga Heartimunity atau kekebalan komunal sangat penting di Pulau Sapeken. Sebab jika ada yang terpapar Covid-19 proses evakuasi membutuhkan waktu 12 jam untuk bisa di evakuasi di Kabupaten Sumenep" terang Kolonel Edi sapaan karib Asops Pangkoarmada II.

Lebih lanjut beliau menyampaikan " Kegiatan vaksinasi di Kota dan pulau besar telah banyak dillaksanakan pelayanan vaksinasi, namun tidak seperti di pulau terpencil seperti di Pulau Sapeken sehingga pulau sapeken menjadi ssasaran penting untuk dilaksanakan vaksinasi. Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 2 hari dengan target 1500 orang per hari, Dalam kegiatan ini juga akan diserahkan APD sebanyak 12000 buah, masker 600.000 buah dan handsanitiser 12.000 buah  bantuan dari Pemprov Jatim" imbuh Kolonel Edi.

Dalam kegiatan ini juga, Tim Serbuan Vaksin Koarmada II memberikan edukasi kepada masyarakat untuk meng-eliminasi informasi-informasi  yang tidak benar dan meresahkan masyarakat terkait dengan informasi vaksinasi Covid-19.

Turut hadir mendampingi Asop Pangkoarmada II dalam kegiatan Serbuan Vaksinasi covid-19 di Pulau Sapeken diantaranya Aspotmar Pangkoarmada II Kolonel Laut (P) Albertus Agung Prio S. Kadis Infolahta Koarmada II Kolonel Laut (KH) Erwan Zaenudin dan Danlanal Batuporon Letkol Laut (P) Mahfud Efendi.(Pen 2)