Tutup Daurah Ramadhan, Keuchik Cot Bada Santuni Anak Yatim dan Santri Mondok Pesatren -->

Iklan Semua Halaman

Tutup Daurah Ramadhan, Keuchik Cot Bada Santuni Anak Yatim dan Santri Mondok Pesatren

Redaksi
Senin, 08 April 2024


ACEH UTARA - Penutupan kegiatan Daurah Ramadan beserta santunan untuk anak yatim dan santri mondok pesatren di Masjid Al-Muntaha Gampong Cot Bada, Kecamatan Langkahan, Kabupaten Aceh Utara, Minggu, (07/04/2024).


Kegiatan penutupan Daurah Ramadhan beserta santunan anak yatim dan santunan santri mondok pesatren di gampong cot bada dihadiri Keuchik cot bada, ketua tuha peut, imum syiek masjid, Kanda Bukhari S.E (Caleg DPRK Kabupaten Aceh Utara Terpilih), serta jajaran perangkat gampong Cot Bada.


Imum Syiek Masjid Al-Muntaha Cot Bada, Ustadz Harwalis mengatakan Daurah Ramadhan menjadi salah satu giat kegiatan yang dilaksanakan pada bulan suci Ramadhan. ada 4 kategori yang diuji yaitu Iqra, Imlaq, tahfiz al quran, dan tahsin quran.


Keuchik Gampong Cot Bada, Hermansyah Yacob menambahkan, kegiatan daurah Ramadan dengan tujuan, untuk meningkatkan kaderisasi insan qurani sebagai wadah atau tempat memperdalam ilmu agama dengan mengisi kegiatan di bulan Ramadan.


Kegiatan Daurah Ramadhan ini di ikuti oleh sejumlah remaja putra dan remaja putri dari gampong cot bada, kegiatan daurah Ramadan selain belajar agama, juga uji kompetensi membaca Al Quran dengan tartil lengkap dengan tajwid. 


"Tak luput pula, Kami juga melaksanakan santunan anak yatim dan santri mondok pesatren, momen ini menjadi sebuah bentuk kepedulian dari seluruh perangkat gampong cot bada yang diharapkan untuk dapat memberikan kebahagiaan kepada mereka, sekaligus menambah amal ibadah kita dibulan yang suci dan penuh berkah." Tutur nya


“Mari kita saling peduli dengan memberikan kasih sayang dan perhatian agar mereka merasa tidak sendiri. Terlebih, bulan Ramadhan merupakan momentum yang tepat untuk meningkatkan ibadah umat Muslim dalam hal berbagi rezeki kepada mereka yang membutuhkan uluran tangan dari orang yang mampu,” ujarnya.


Hermansyah menambahkan, di akhir penutupan daurah Ramadan dari 74 orang yang mengikuti kompetisi, dipilih 6 santri laki-laki dan 6 orang santri perempuan untuk memperoleh hadiah, kepada seluruh peserta juga akan mendapat sertifikat sebagai bentuk rasa penghargaan kepada setiap peserta. Ucap nya


"Di samping itu pula, kami juga memberi penghargaan yang sangat spesial kepada pengajian jamaah subuh yang peserta nya dari lintas usia hingga dari yang muda sampai lansia. Penghargaan ini, bentuk komitmen gampong cot bada agar setiap kalangan masyarakat rutin untuk mempelajari tata cara membaca Al Quran dengan bidang-bidang yang di uji di daurah Ramadan ini."


"Semoga program ini tetap akan terus berlanjut, karna dengan harapan program ini dapat mewujudkan kehidupan gampong cot bada yang lebih berkah dan makmur." tutupnya.[AM]