Akhir Tahun 2023, dan Awal 2024 H.Akhyar Kamil. SH, Pulangkan Dua Jenazah Pekerja Migran Indonesia dari Malaysia ke Aceh Utara -->

Iklan Semua Halaman

Akhir Tahun 2023, dan Awal 2024 H.Akhyar Kamil. SH, Pulangkan Dua Jenazah Pekerja Migran Indonesia dari Malaysia ke Aceh Utara

Redaksi
Selasa, 02 Januari 2024


ACEH UTARA, Aceh Kontras | Ketua Umum Persaudaraan Aceh Seranto,  H. Akhyar Kamil. SH, pada akhir tahun 2023 dan awal tahun 2024, kembali Pulangkan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang meninggal dunia di Negeri jiran Malaysia. Perpulangan jenazah   ini atas permintaan dari pihak keluarga dan mengetahui Kepala Desa setempat.

Sebelumnya kita sudah bawa pulang satu jenazah  Ke baktya Barat pada hari Senin (1/1/2024) dan pada hari Selasa (2/1/2024) sudah kita pulangkan satu jenazah ke Gampong Meunasah Cut Kecamatan Nisam, Aceh Utara," Hal tersebut disampaikan oleh H. Akhyar Kamil. SH, melalui wasekjen DPP PAS,Teuku Rahmat Akbar. ST, melalui Handphone (HP) Miliknya kepada media ini.


Rahmat mengatakan, hari ini Persaudaraan Aceh Seranto (PAS), Pulangkan jenazah Zainal Bin Ubit (44)  warga Desa Meunasah Cut, Kecamatan  Nisam Kabupaten Aceh Utara, pada hari Sabtu tanggal 30 Desember 2023, kami Pulangkan jenazah Abdullah T (38) warga Dusun Cot Mane Desa Cot Laba Kecamatan Baktya Barat Kabupaten Aceh Utara.


Hal ini atas permohonan Keluarga dan Mengetahui Kepala Desa setempat,  kedua jenazah hanya beda Kecamatan namun masih dalam satu Kabupaten Aceh Utara. Kami bantu pulangkan jenazah dari Malaysia ke Aceh Utara secara gratis," Ucap Rahmat.


Tambahnya, kedua jenazah yang meninggal dunia karena sakit, Zainal meninggal di sebabkan oleh CORONARY ATHEROSCLEROSIS (Penyumbatan aliran darah ke jantung), kita bawa pulang sesuai permintaan keluarga dan di ketahui oleh Kepala Desa Meunasah Cut, Muhammad Yusuf.



Sedangkan Abdullah T, meninggal dunia  karena sakit berdasarkan surat permohonan dari kepala Desa Cot Laba Kecamatan Baktiya Barat, Zulkifli  dan kedua-duanya yang disampaikan kepada ketua DPAC, DPC, dan DPD, Ormas PAS, dengan tembusannya kepada DPW dan DPP PAS.


Perihal permohonan pemulangan jenazah secara gratis langsung di tanggapi oleh Ketua Umum DPP Persaudaraan Aceh Seranto, H.Akhyar Kamil.SH

Usai kita mendapatkan permintaan tersebut, Akhyar Kamil langsung perintahkan kepada para relawan yang ada di Kuala Lumpur, dan di dalam negeri, untuk mengurus serta memulangkan dua jenazah agar sampai ke rumah duka di Aceh," Ucap Rahmat.


H.Akhyar Kamil. SH, menambahkan jenazah yang dipulangkan ke Aceh Utara, satu ke Baktya Barat, dengan menggunakan Maskapai Malaysia Airlane MH 860 dari KLIA ke KNO-Medan-Sumatera Utara.


"Jenazah Zainal bit Ubit, setiba di Cargo Kualanamu jenazah di sambut oleh relawan Persaudaraan Aceh Seranto dari Aceh yang sudah terlebih awal menunggu," Sebutnya.


Selanjutnya para relawan kita mengantarkan jenazah Zainal ke kampung Blang dalam Kecamatan  Babahrot Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) melalui  jalur darat  lintas Sumatra Medan Subulussalam, melewati Aceh Selatan, atas permintaan orang tuanya yang sedang sakit di kampungnya.


Setiba di Gampong Blang Dalam Kecamatan Babahrot, setelah beberapa jam disana, lalu jenazah Zainal bin Ubit  di berangkatkan  lagi ke kampung yang ia berdomisilinya yaitu ke rumah duka Gampong Meunasah Cut Kecamatan Nisam Kabupaten Aceh Utara.


Dengan  menggunakan mobil ambulance Nopol B 1890 Voz,milik Persaudaraan Aceh  Seranto, ini merupakan jenazah yang ke 342 jenazah warga Aceh yang meninggal dunia di perantauan kita pulangkan secara gratis." Pungkas Akhyar Kamil.[Pawang]