Kantor Pencarian dan Pertolongan Aceh menggelar Pelatihan Potensi SAR -->

Iklan Semua Halaman

Kantor Pencarian dan Pertolongan Aceh menggelar Pelatihan Potensi SAR

Redaksi
Senin, 19 Juni 2023


PIDIE | Kantor Pencarian dan Pertolongan Aceh menggelar pelatihan potensi SAR  teknik pertolongan atau evakuasi yang dilakukan di air (Water Rescue) yang berlangsung mulai 18 hingga 24 Juni 2023.


Pelatihan yang melibatkan 50 orang peserta ini berasal dari organisasi Satgas Sar Kab/Kota se Aceh dan instansi pemerintah lainnya yang dilaksanakan di Kabupaten Pidie Jaya.


Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan,dan keahlian sumber daya manusia pada potensi pencarian dan pertolongan yang sangat diperlukan dalam pelaksanaan operasi SAR untuk penanganan kecelakaan maupun musibah yang terjadi di wilayah kerja Kantor Pencarian dan Pertolongan Aceh.


“Seluruh peserta harus mengikuti pelatihan dengan serius dan menyerap ilmu yang diberikan instruktur. Diskusikan dan pecahkan masalah yang ada sebagai solusi bersama,” ujar Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Aceh,Ibnu Harris Al Hussain Senin (19/6/2023).


Hadir dalam pembukaan kegiatan tersebut Bupati Pidie Jaya dan beberapa pejabat Badan Pencarian Dan Pertolongan Aceh.


Sementara itu metode yang digunakan dalam pelatihan ini antara lain, teori kelas, drill kering, simulasi dan praktek lapangan. Sedangkan materi pelatihan meliputi pengantar pertolongan pertama,penilaian korban, pemindahan korban,dan uji kompetensi.(My/Red)