Taruna AAL Terima Sosialisasi Peran TNI di Operasi Pemeliharaan Perdamaian Dunia -->

Iklan Semua Halaman

Taruna AAL Terima Sosialisasi Peran TNI di Operasi Pemeliharaan Perdamaian Dunia

Redaksi
Sabtu, 04 Desember 2021

Surabaya - Ratusan Taruna Tingkat ll, lll dan lV Akademi Angkatan Laut  (AAL) menerima Sosialisasi Peran TNI di Operasi Pemeliharaan Perdamaian Dunia (OPPD) dari Komandan Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian Tentara Nasional Indonesia (PMPP TNI), Marsda TNI Benedictus Benny K., S.H., Mavmgt., MAIR., yang digelar di Gedung Mas Pardi, Kesatrian AAL Bumimoro, Minggu (4/12).

Tampak hadir dalam kesempatan tersebut Gubernur AAL, Mayor Jenderal TNI (Mar) Nur Alamsyah, S.E., M.M., M.Tr (Han), Wakil Gubernur AAL, Laksma TNI Rudhi Aviantara, S.E., M.Si., M.Tr (Han)., CHRMP., Seklem AAL, Laksma TNI Syamsul Rizal, S.H., M.M., CHRMP., dan para Pejabat Utama AAL lainnya.

Gubernur AAL, atas nama lembaga mengucapkan terima kasih dan penghargaan atas kesediaan Komandan PMPP sudah meluangkan waktu untuk memberikan kembali pembekalan dan pencerahan kepada Taruna AAL tentang Peran TNI di OPPD.

"Kami yakin apa yang disampaikan  akan  menambah  wawasan  dan sangat berguna bagi Taruna AAL dalam mengemban tugas baik sebagai taruna ataupun  setelah menjadi perwira Angkatan  Laut  di  masa  yang  akan  datang," terang Gubernur AAL.

Kepada para Taruna, Gubernur menekankan agar benar-benar memperhatikan dan menyimak dengan sungguh-sungguh hal-hal yang disampaikan serta manfaatkan waktu dan kesempatan yang ada untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan yang dapat dijadikan sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas kedepan.

Mengawali sosialisasinya, Marsda Benedictus, memberikan gambaran secara umum mengenai tugas PMPP TNI kepada Taruna AAL sebagai pusat pembentukan dan pelatihan prajurit TNI dalam misi perdamaian di bawah bendera PBB. 

Dalam paparannya Komandan PMPP menjelaskan tentang latar belakang,  landasan hukum pelibatan pasukan TNI di OPPD, Peace Keeping Operation OPPD,  Transformasi Misi Perdamaian PBB, PMPP dan peran Kontingen Garuda dan Persyaratan menjadi Peace Keepers.

Menurutnya  tugas PMPP adalah untuk merencanakan dan menyiapkan personel TNI untuk penugasan, pelatihan dan pendidikan yang berkaitan dengan pelaksanaan Operasi Pemeliharaan Perdamaian PBB, baik di dalam maupun di luar negeri.

Adapun fungsi dari PMPP itu sendiri diantaranya adalah menyusun, merencanakan, menyiapkan kebutuhan operasi, administrasi dan logistic serta mengevaluasi pengimplementasian dan pelaksanaan misi pemeliharaan perdamaian. Harus tetap melaksanakan latihan dan memelihara kemampuan personel TNI yang akan melaksanakan misi pemeliharaan perdamaian.

Diakhir pembekalannya Komandan PMPP TNI ini memberikan penekanan kepada Taruna AAL untuk terus meningkatkan kemampuan bahasa asingnya (Inggris), karena itu akan mempermudah Taruna yang akan melaksanakan dinas maupun tugas di luar negeri. 

Para Taruna sangat antusias sekali dengan apa yang diampaikan Komandan PMPP dan menanyakan beberapa pertanyaan pada sesi tanya jawab.(AD)