Eratkan Diplomasi Indonesia-Turki, KRI SIM-367 Diganjar Penghargaan -->

Iklan Semua Halaman

Eratkan Diplomasi Indonesia-Turki, KRI SIM-367 Diganjar Penghargaan

Redaksi
Kamis, 19 Agustus 2021

Surabaya  - KRI Sultan Iskandar Muda-367 dari Satuan Kapal Eskorta Koarmada II, bersama Satgas MTF TNI Konga XXVIII-M/UNIFIL TA. 2020  mendapatkan penghargaan atas dukungan mereka dalam Penguatan Hubungan Bilateral antara Indonesia dan Turki. Penghargaan diberikan dalam upacara peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 di Wisma Duta Besar RI  di Ankara, Turki pada tanggal 17 Agustus 2021.

Sebagai Inspektur Upacara yakni Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia (RI) Untuk Turki Dr. Lalu Mohamad Iqbal. Turut hadir Atase Pertahanan Republik Indonesia di Ankara, Kolonel Inf Sjaiful Thalib, S.H., M.S.i. dan Minister Counselor Fungsi Politik dan Sosial Kebudayaan Dion Swasono. Dalam kesempatan tersebut dengan disaksikan oleh tamu undangan lainnya,  Irup memberikan penghargaan khusus kepada Komandan KRI SIM-367 sekaligus Dansatgas, Letkol Laut (P) Abdul Haris, S.E., M.M.D.S atas peran penting KRI SIM-367 dalam diplomasi Indonesia di Turki. 

"KRI SIM-367 secara rutin melaksanakan Port Visit di Pelabuhan Mersin, Turki untuk perawatan kapal. Setiap Port Visit, KRI SIM-367 selalu berkoordinasi dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Ankara sehingga keberadaannya di Mersin dapat dimanfaatkan untuk diplomasi Indonesia di Turki," kata  Atase Pertahanan Republik Indonesia di Ankara, Kolonel Sjaiful Thalib.

Sedangkan menuru Minister Counselor Fungsi Politik dan Sosial Kebudayaan Dion Swasono mengatakan bahwa KRI SIM-367 juga turut berperan dalam diplomasi kebudayaan. "Peran mereka bukan hanya memajukan Military to Military Cooperation antara TNI Angkatan Laut dan Angkatan Laut Turki serta Turkish Coast Guard , mereka juga melakukan diplomasi kebudayaan dengan mempromosikan kebudayaan Indonesia setiap kali berkunjung ke Turki,"ujar Dion.

Sementara itu atas penghargaan yang diberikan kepadanya beserta seluruh personel Satgas, Letkol Abdul Haris mengungkapkan bahwa hal tersebut merupakan suatu kebanggaan yang harus tetap terjaga.  "Apresiasi Penghargaan yang diterima KRI SIM-367 ini merupakan bentuk keberhasilan diplomasi militer TNI Angkatan Laut. Hal tersebut sejalan dengan kebijakan strategis Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. untuk selalu menjalin hubungan persahabatan dimanapun berada dan bertugas sebagai wujud implementasi dari Universal Role Angkatan Laut, Naval Diplomacy serta mengingat penekanan dari Komandan Pusat Misi Pemeliharaan Dan Perdamaian (DAN PMPP) TNI Marsda TNI Benedictus Benny K., S.H., MAvMGT., MAIR bahwa dimanapun Peacekeepers TNI bertugas untuk selalu membawa dan menunjukkan nama harum rakyat dan nama harum bangsa Indonesia yang harus tetap terjaga," tegas perwira menengah dengan dua melati di pundaknya tersebut.

Di tempat berbeda, seluruh prajurit Satgas MTF TNI Konga XXVIII-M/UNIFIL TA. 2020 juga mengikuti Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-76 yang digelar di geladak haluan KRI SIM-367, dibawah pimpinan Mayor Laut (P) Novyan yang sehari-harinya sebagai Perwira Pelaksana (Palaksa) KRI SIM-367. Meski upacara berlangsung secara virtual dan jauh dari tanah air tercinta, tak menyurutkan semangat seluruh prajurit untuk melaksanakan upacara dengan penuh khidmat.(Pen2)