TNI AL Dan TNI AU Laksanakan Latihan Kerja Sama Taktis Di Perairan Alki II -->

Iklan Semua Halaman

TNI AL Dan TNI AU Laksanakan Latihan Kerja Sama Taktis Di Perairan Alki II

Redaksi
Senin, 15 Februari 2021

Surabaya - Dalam rangka membangun Sumber Daya Manusia (SDM) TNI AL yang unggul serta pembangunan sistem pembinaan kekuatan dan kesiapan Operasi yang bersinergi dan mempunyai interoperabilitas tinggi sesuai program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, TNI AL bersama TNI AU menggelar latihan kerjasama taktis di perairan ALKI II pada Rabu (10/02). 

Dalam kesempatan tersebut TNI AL yang menghadirkan KRI I Gusti Ngurah Rai (GNR)-332 yang sedang melaksanakan operasi perbatasan RI-Malaysia "GARDA PAUS-21" dibawah kendali operasi Gugus tempur laut (Guspurla) Koarmada II.bersinergi dengan dua pesawat tempur jenis Sukhoi TNI AU dari skadron 11 Makassar melaksanakan berbagai macam materi latihan diantaranya latihan peperangan anti udara oleh KRI GNR-332 dan simulasi serangan langsung berupa penembakan dari udara oleh pesawat sukhoi 27/30.

Kerja sama taktis di Perairan ALKI II ini dipantau langsung oleh Danguspurla Koarmada II Laksma TNI Rahmat Eko Rahardjo yang onboard di KRI GNR-332. 

Menurut Laksma Rahmat kegiatan tersebut merupakan bentuk keseriusan TNI dalam upaya menjaga keamanan dan kedaulatan NKRI khususnya di ALKI II.

" Kegiatan ini bertujuan agar terjalin kerja sama yang baik secara taktis antara dua matra dalam rangka melaksanakan Operasi Gabungan TNI untuk menjaga kedaulatan NKRI yang mana gelar latihan ini juga merupakan tindak lanjut dari arahan Pangkoarmda II Laksda TNI I N.G. Sudhihartawan , " ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama Komandan KRI GNR-332 Kolonel Laut (P) S. Bimo Aji menjelaskan latihan ini sebagai bentuk profesionalisme prajurit KRI GNR-332 maupun awak sukhoi 27/30 skadron 11 dalam melaksanakan Joint Operation.(AD).