Balai Kesehatan TNI AL Dr. dr. Tarmizi Taher Sorong Diresmikan Melayani Prajurit TNI dan Masyarakat -->

Iklan Semua Halaman

Balai Kesehatan TNI AL Dr. dr. Tarmizi Taher Sorong Diresmikan Melayani Prajurit TNI dan Masyarakat

Redaksi
Kamis, 28 Januari 2021

Surabaya - Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III, Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han) meresmikan pengoperasian Balai Kesehatan TNI Angkatan Laut Dr. dr. Tarmizi Taher di Jl. Poros Katapop, Desa Majener, Distrik Salawati, Kab. Sorong, Papua Barat, Kamis (28/1/2021). 

Pada kesempatan ini hadir Kepala Staf Koarmada III Laksma TNI Maman Firmansyah, Kapok Sahli Pangkoarmada III Laksma TNI Lilik Suparyana, S.T., M.Tr., Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kab. Sorong Dr. Salmon Samori, S.Sos.,M.Si., dan Kepala Distrik Salawati Ngatijo. 

Pangkoarmada III dalam sambutannya mengatakan, Balai Kesehatan TNI Angkatan Laut Dr. dr. Tarmizi Taher melayani kesehatan prajurit TNI AL dan keluarga serta masyarakat yang bermukim di sekitar wilayah Mako koarmada III Katapop, Salawati, Kabupaten Sorong. "Pelayanan yang diberikan berupa pengobatan Poli Umum, IGD, Poli Gigi, Apotek, pemeriksaan Rapid Antigen dan Rapid Antibodi. Pelayanan lainnya kedepan juga akan ditingkatkan dan disesuaikan kebutuhan masyarakat dengan fasilitas kesehatan, antara lain Poli Kandungan, Radiologi, Laboratorium, Treadmill dan Audiometri serta Rawap Inap," ujarnya.

Menurut Pangkoarmada III bahwa adanya Balai Kesehatan ini juga merupakan upaya TNI Angkatan Laut, khususnya Koarmada III mendukung program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga dan gerakan masyarakat yang diselenggarakan Kemenkes RI untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang berperilaku sehat, hidup dalam lingkungan yang sehat, dan sadar pentingnya kesehatan. "Balai Kesehatan ini juga menyiasati permasalahan akses pelayanan kesehatan yang masih sulit dijangkau di beberapa tempat, terutama di wilayah sekitar Mako Koarmada III Katapop, Distrik Salawati, Sorong.

Dijelaskan juga bahwa Dr. dr. Tarmizi Taher adalah salah satu prajurit dan dokter terbaik yang dimiliki TNI AL yang dulunya berdinas sebagai Perwira Kesehatan di KRI Irian dan kemudian mengabdi di TNI AL selama hampir tiga dasawarsa. "Semangat pengabdian beliau di TNI AL diabadikan dan diimplementasikan oleh generasi penerus TNI A dengan adanya Balai Kesehatan ini.
Kadispen Koarmada III Kolonel Laut Drs. Abdul Kadir, M.A.P.(Red)