Usai Latihan UST Tingkat Kompi, Yonif 757/Ghupta Vira Laksanakan Serbuan Teritorial -->

Iklan Semua Halaman

Usai Latihan UST Tingkat Kompi, Yonif 757/Ghupta Vira Laksanakan Serbuan Teritorial

Redaksi
Kamis, 19 November 2020

Merauke || ak.
Usai melaksanakan Latihan Uji Siap Tempur (UST) Tingkat Kompi di wilayah Kampung Makarti, Distrik Jagebob, Kab. Merauke, Papua, Yonif 757/Ghupta Vira yang berada langsung di bawah Korem 174/ATW Merauke, langsung melaksanakan serbuan teritorial, Kamis (19/11/2020).

Latihan itu sendiri dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 17 s.d 19 November  2020 dan di awasi langsung oleh Danrem 174 Merauke Brigjen TNI Bangun Nawoko selaku Komadan Latihan pada kegiatan UST Tingkat Kompi Yonif 757/Ghupta Vira.

Danrem menjelaskan bahwa latihan ini merupakan  program tahunan Batalyon  yang bertujuan untuk meningkatkan kesiapan operasional satuan, baik berupa pemeliharaan dan peningkatan pengetahuan, kemampuan serta keterampilan prajurit dalam taktik dan teknik bertempur sesuai sasaran yang dihadapi, sehingga dalam keadaan apapun satuan Yonif 757/Ghupta Vira siap untuk melaksanakan tugas operasi kapanpun dan dimanapun.

Dalam pelaksanaan Latihan UST Tingkat Kompi ini, selain mengasah kemampuan tempur prajurit, pada akhir latihan dilaksanakan Serbuan Teritorial oleh satuan Yonif 757 di wilayah tempat digelarnya latihan, berupa karya bakti dan bakti sosial  di Kampung Makarti, Distrik Jagebob, Kab. Merauke, Papua.

"Bakti sosial yang dilaksanakan berupa pemberian paket sembako sebanyak 55 paket kepada masyarakat sekitar daerah latihan. Kegiatan ini diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian Korem 174 Merauke dan Yonif 757 terhadap masyarakat yang ada dilingkungannya, sehingga tercipta kemanunggalan TNI Rakyat yang kuat," jelas Danrem.

Danrem 174 Merauke mengucapkan banyak terima kasih kepada masyarakat Kampung Jagebob karena telah mengizinkan daerahnya sebagai tempat pelaksanaan latihan Uji Siap Tempur di Distrik Jagebob komplek.

"Kita bukan hanya melaksanakan latihan tempur tapi kita semua juga sedang bertempur melawan pandemi Covid-19. Saya berharap bapak dan ibu untuk mentaati peraturan pemerintahan selalu menggunakan masker dan mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19," kata Brigjen TNI Bangun Nawoko.

Di sela-sela kegiatan bakti sosial, Danrem Merauke menyampaikan pesan kepada masyarakat setempat bahwa saat ini Pimpinan TNI khususnya TNI AD memberikan kesempatan dan peluang besar kepada putra-putri Orang Asli Papua untuk mendaftarkan diri masuk TNI AD guna mengabdikan dirinya sebagai prajurit TNI AD. "Para generasi muda Asli Orang Papua (OAP) kiranya dapat  memanfaatkan kesempatan ini," harapnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, para Kasi Korem 174/ATW, Plh. Kasdim 1707/Merauke, Kepala Distrik Jagebob, Kapolsek Jagebob, Danramil 1707/Kota Merauke, Kepala Kampung Makarti dan Tokoh Agama serta Tokoh masyarakat Distrik Jagebob.

Usai kegiatan tersebut, Danrem 174 Merauke Brigjen TNI Bangun Nawoko berkesempatan melaksanakan kaji ulang  kepada  seluruh peserta latihan sekaligus memberikan pembekalan guna menunjang keberhasilan tugas satuan ke depan yang lebih baik. (Red).