Zikir Akbar dan Pengukuhan BKM Masjid Agung Warnai Peringatan 1 Muharram Pemkab Aceh Utara -->

Iklan Semua Halaman

Zikir Akbar dan Pengukuhan BKM Masjid Agung Warnai Peringatan 1 Muharram Pemkab Aceh Utara

Redaksi
Rabu, 19 Juli 2023


ACEH UTARA, Aceh Kontras| Pemerintah Kabupaten Aceh Utara menggelar acara peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharaam 1445 Hijriyah, berlangsung di Masjid Agung Baiturrahim Lhoksukon, Rabu pagi, 19 Juli 2023.


Rangkaian kegiatan itu diawali dengan pelaksanaan shalat Shubuh berjamaah, kemudian dilanjutkan dengan acara zikir akbar yang dipimpin oleh Imam Besar Masjid Agung Baiturrahim Lhoksukon Tgk H Jamaluddin Ismail atau akrab disapa Walidi. Kegiatan itu juga diisi dengan Pengukuhan Pengurus Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) Masjid Agung Baiturrahim Lhoksukon yang dilakukan langsung oleh Penjabat Bupati Aceh Utara Dr Drs Mahyuzar, MSi.


Tahun Baru Islam yang dimulai dengan tanggal 1 Muharram merupakan momen penting bagi umat muslim untuk memperingati hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah. Dalam rangka memperingati 1 Muharram 1445 Hijriyah kali ini Pemkab Aceh Utara memusatkan kegiatan di Masjid Agung Baiturrahim Lhoksukon, yang turut dihadiri oleh sekitar 1.500 jamaah, terdiri dari pejabat jajaran Forkopimda, para Staf Ahli Bupati, para Asisten, para Kepala OPD, para Camat, Kabag, tokoh masyarakat, dan jamaah tetap Masjid Agung Baiturrahim.


Penjabat Bupati Aceh Utara Dr Drs Mahyuzar, MSi, dalam sambutannya antara lain mengatakan momentum peringatan 1 Muharram kali ini diharapkan bisa menjadi momentum bagi kita untuk berhijrah ke arah yang lebih baik. Untuk itu marilah kita untuk selalu melaksanakan apa yang diperintahkan oleh Allah SWT dan meninggalkan apa yang dilarangNya, serta marilah kita memakmurkan masjid dengan melaksanakan shalat lima waktu.


Kata dia, pergantian tahun, khususnya Tahun Baru Hijriyah, merupakan momentum bersama atau momentum berjamaah untuk mengintrospeksi diri dan melakukan transformasi ke arah kondisi yang lebih baik. Terlebih bagi umat Islam, hendaknya mampu meneladani konsep hijrah Rasulullah SAW, yang bukan hanya perpindahan dari Mekkah ke Madinah, namun lebih dari itu adalah makna mentransformasi diri ke arah yang lebih bermakna, baik bagi diri sendiri, keluarga maupun masyarakat, dibandingkan tahun sebelumnya.


Pada kesempatan itu, Mahyuzar juga menyampaikan selamat kepada Pengurus BKM yang baru Masjid Agung Baiturrahim Lhoksukon. “Atas nama Pemkab Aceh Utara, saya selaku Penjabat Bupati yang belum genap seminggu bertugas di Aceh Utara, menyampaikan ucapan selamat serta apresiasi yang tinggi atas dilaksanakannya pengukuhan Pengurus BKM di masjid kebanggaan kita ini,” ungkap Mahyuzar.

Mahyuzar yakin dengan adanya pengurus BKM yang baru, maka eksistensi Masjid Agung Lhoksukon akan lebih mantap di tengah-tengah kehidupan umat, bukan hanya sebagai pusat aktivitas ibadah, akan tetapi juga menjadi pilar-pilar dalam menegakkan syiar agama di daerah tercinta ini.[sam]