Peumulia Jamee, Pemko Lhokseumawe Gelar Tradisi Adat Aceh pada Pangdam IM -->

Iklan Semua Halaman

Peumulia Jamee, Pemko Lhokseumawe Gelar Tradisi Adat Aceh pada Pangdam IM

Redaksi
Rabu, 24 Mei 2023



LHOKSEUMAWE, ACEHKONTRAS.com | Peumulia Jamee (Memuliakan tamu) dilakukan oleh Pemerintah Kota Lhokseumawe menyambut kedatangan Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya, S.I.P, M.I.P beserta Ibu Ketua Persit Ny. Iin Novi Helmy Prasetya dengan prosesi peusijuk (tepung tawar), yang berlangsung di Aula Kantor Wali Kota setempat, Selasa (23/5). 

Penjabat (Pj) Walikota Lhokseumawe Dr. Drs. Imran, M.Si, MA.Cd dalam sambutannya,  mengungkapkan rasa bahagia atas kunjungan kerja Pangdam IM di Kota Lhokseumawe yang juga bertujuan memperbaiki ekonomi masyarakat melalui program I'M Jagong pada beberapa lokasi di Provinsi Aceh.

“Selamat datang di Kota Lhokseumawe Bapak Pangdam Iskandar Muda, peusijuk ini salah satu adat Aceh yaitu peumulia Jamee, doa serta harapan agar selalu diberi keselamatan dan wujud syukur kita kepada Allah SWT. Jadi siapapun yang datang ke Lhokseumawe, akan diberi tanda penghormatan walaupun sederhana,” ucap Pj Wali Kota. 

Pada kesempatan itu Imran juga menjelaskan, Kota Lhokseumawe saat ini dalam keadaan kondusif tanpa ada gejolak ataupun gangguan yang luar biasa dalam beberapa bulan terakhir. Pihaknya juga mengharapkan koordinasi antara TNI, Polro dan Pemerintah Kota selalu terjalin. Agar dapat saling mendukung dalam menjalankan roda pemerintahan, terlebih dalam membina pemberdayaan ekonomi masyarakat. 

Sementara itu, pada sambutannya Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya, juga turut memberi apresiasi atas penghormatan peusijuk yang dilakukan oleh Pemko Lhokseumawe. Dia juga berharap dengan program IM Jagong perekonomian bisa melambung, karena agenda tersebut berprinsip sosio ekonomi. 

“Dalam prinsip sosio ekonomi, yang diberikan kepada rakyat bukanlah uang tetapi berupa bibit dan pupuk. Dilakukan berkesinambungan hingga dapat meningkatkan panen dari bibit biasa satu hektar dapat menghasilkan 4 ton, namun dengan bibit unggul satu hektar akan menghasilkan sampai 11 ton jagung," tutur Novi Helmy. 

Turut hadir Bupati Aceh Utara Azwardi Abdullah Ap M.Si, Ketua DPRK Lhokseumawe Ismail A. Manaf, Dandim 0103/Aut Letkol Inf Hendrasari Nurhono, SIP, MIP, Kapolres Lhokseumawe AKBP Hengki Ismanto, SIK, Danden POM lhokseumawe Letkol Cpm Dedi. R, Kajari Lhokseumawe H. Lalu Syaifuddin, SH.MH, Kajari Aceh Utara Dr. Diah Ayu, Sekda Kota Lhokseumawe T. Adnan, Para Asisten, Para SKPD dan OPD Pemko Lhokseumawe. [Sam]