Gubsu Buka Porprovsu Ke-XI, Kontingen Labuhanbatu turut Meriahkan -->

Iklan Semua Halaman

Gubsu Buka Porprovsu Ke-XI, Kontingen Labuhanbatu turut Meriahkan

Redaksi
Minggu, 30 Oktober 2022

Medan - Gubernur Sumatra Utara Edi Rahmayadi membuka Ke-XI Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Utara. Terlihat Ketua KONI Ahmad Sofyan Ritonga bersama 131Atlit Kabupaten Labuhanbatu turut andil ikut memeriahkan kegiatan sebagai ajang seleksi menuju PON 2024 di Gedung Serba Guna (GSG) Jalan Pancing Medan, Sabtu (29/10/2022). Dalam kegiatan tersebut, dirangkai dari berbagai kegiatan acara seperti parade Kontingen, dimana mc protokol menjelaskan kontingen Labuhanbatu saat ini, dijabat oleh Bupati Labuhanbatu Erik Adtrada Ritonga dan Wakil Bupati Labuhanbatu Ellya Rosa Siregar.

Kemudian kegiatan acara seperti menyalahkan api obor yang langsung dinyalakan tergabung oleh Atlit ikuti kejuaraan nasional dan internasional. Dan Tarian Gondang 12, Launching Simaskot PON Ke-XXI 2024 di Aceh dan Sumut yaitu gambar boneka 'Harimau Sumatera" dan lucky draw dengan hadiah sepeda motor yang diperoleh dari kontingen Paluta dan Labusel.

Dalam laporan panitia, Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis menjelaskan, bahwa ada 3.067 ikut berpartisipasi pada Porprov Ke-XI Tahun 2022. Adapun rincian sebanyak 2.107 atlet putra dan 960 atlet putri akan berlaga pada 17 cabang olahraga sesuai dipertandingkan serta 79 panitia dan dibantu 200 ofsial pembantu. Dijelaskan, untuk dipertandingkan dari 17 cabang olahraga yakni, Atletik, Angkat Berat, Billiar, Bina Raga, bola Voli, Bulu Tangkis, Muaythai serta Drumband, Karate, Pencak Silat, Tarung Derajat, Sepak Bola, Taekwondo, Petanque, Tenis Meja, Tinju dan Wushu. "Iya, selain sebagai ajang seleksi tujuan utama dari Porprov Sumut Ke-XI tahun 2022, juga untuk mensukseskan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024, sebagai tuan rumah Aceh dan Sumut", ujarnya. Sementara itu, Gubernur Sumatera Utara Edi Rahmayadi ketika pembukaan Porprovsu dalam sambutannya mengapresiasi yang paling tinggi ada niat hadir disini pada kegiatan Porprovsu Ke-XI tersebut.


Menurutnya, yang dihormati para ofsial, para wasit dan para Atlit yang dicintai dan dibanggakan serta para undangan yang hadir pada sore ini. "Jadi, bersyukur kita pada tuhan yang maha kuasa atas limpahan, rahmat taufik dan hidayah-Nya", ujarnya. Disisi lain juga, dikatakan Gubsu, untuk saudara saudara terkhusus provinsi Sumatera Utara yang dicintai, Porprovsu Ke-XI merupakan sesuatu kegiatan multi event per tahunan antar kabupaten/kota di Sumatera Utara. Ditambahkan, kenapa diatur 4 tahun karena hari itu, olahraga disiapkan oleh Kabupaten/Kota di Sumatera Utara yang terdiri dari 33 Kabupaten/Kota. Dijelaskan, bahwa 3 tahun kebelakang dalam menyambut Porprovsu tersebut, suatu kebetulan Porprovsu selayaknya dilaksanakan memang untuk event berikut yaitu, istimewa Porprovsu Ke-XI menuju Pon Ke-XXI dilaksanakan Aceh dan Sumatera Utara, PON Ke-XXI Tahun 2024 mendatang.

"Pesan saya buat saudara-saudara, siapa yang bisa mempertahankan Sumatera Utara kita ini, dalam kebanggaan, kehormatan tuk kita bersama adalah rakyat Sumatera Utara itu sendiri" jelasnya. Ia menambahkan, kini rakyat Sumatera Utara itu terdiri dari 33 Kabupaten/Kota dan jumlah penduduknya 15 juta/jiwa. Kalau kita lihat populasi secara terpisah adalah Jawa Barat dengan penduduk berjumlah 50 juta/jiwa. Dan kemudian yang kedua penduduk Jawa Timur berjumlah 38 juta/jiwa, yang ketiga Jawa Tengah penduduk jumlah 32 juta/jiwa dan yang keempat penduduk Sumatera Utara dengan jumlah 15 juta/jiwa.

Kalau kita lihat dari populasi harusnya Sumatera Utara, yang paling tidak berada di nomor empat dari 34 provinsi di Indonesia. Namun demikian ini, sangat tergantung motivasi kita semua, bupati dan walikota adalah perioritas. "Saya dari sini bisa melihat tergantung motivasi, empati dan manipur dalam membesarkan Sumatera Utara yang sama -sama kita cintai tapi kita masih punya waktu. Dan saya sangat berterimakasih ada kontingen yang berangkat sendiri tanpa ada biaya dari kabupatennya", terangnya. Untuk itu, kata Gubsu, biaya ditanggung oleh provinsi Sumatera Utara,(Julip Ependi)