BUPATI Labuhanbatu dr H.Erik Adtrada Ritonga MKM Hadiri Undangan Kepala Madrasyah Aliayah Negeri (MAN) Rantau Prapat -->

Iklan Semua Halaman

BUPATI Labuhanbatu dr H.Erik Adtrada Ritonga MKM Hadiri Undangan Kepala Madrasyah Aliayah Negeri (MAN) Rantau Prapat

Redaksi
Sabtu, 25 Juni 2022

Labuhanbatu - Bupati Labuhanbatu dr H.Erik Adtrada Ritonga MKM ,Asisten I ,OPD dan Ketua DPD KNPI Labuhanbatu H. Romario Simangunsong, S.IP, M.IP  di dampingi wakil Ketua, Muhammad Kohar Ritonga,
menghadiri undangan Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Rantauprapat Kabupaten Labuhanbatu,dalam kegiatan program Adiwiyata di Madrasah tersebut, Senin (20/06/2022)

Turut hadir dalam acara ini Kakan Kemenag Labuhanbatu Syafii, Asisten 1 Pemerintahan dan Kesra Setdakab Labuhanbatu Drs. H. Sarimpunan Ritonga,M.Pd, Kadis Kominfo Ahmad Fadly Rangkuti, Kadis Kesehatan H. Kamal Ilham, Kadis PMD Abdi Jaya Pohan, mewakili Kadis Pendidikan Khairil Anwar Ritonga, SE, M.AP, beberapa orang Camat, dan tamu undangan lainnya.

Bupati Labuhanbatu  Apresiasi dan mendukung MAN Rantauprapat menjadi calon Sekolah Adiwiyata Nasional. Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Labuhanbatu  dr. H. Erik Adtrada Ritonga, M.K.M saat memantau langsung kegiatan program Adiwiyata MAN Rantauprapat.

"Kami dari Pemkab Labuhanbatu sangat mendukung jika MAN Rantauprapat menjadi Sekolah Adiwiyata Nasional, semoga hal ini bisa mengharumkan dan memperkenalkan nama Kabupaten Labuhanbatu di kanca Nasional", Ucapnya.

Kepala MAN Rantauprapat Ahmad Syiroj  mengatakan dengan adanya kerjasama dan sinergitas ini semoga tercapai target utama adiwiyata nasional 2022. 

Pada kesempatan yang berbeda H. Romario Simangunsong menyampaikan Apresiasi kepada Sekolah MAN Rantauprapat yang telah menjalankan Program Adiwiyata ini.
Sekolah Adiwiyata adalah program pemerintah yang dilaksanakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI melalui Peraturan Menteri LHK No. 52 Tahun 2019 Tentang Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah. 
Dijelaskan makna dari Adiwiyata itu sendiri adalah upaya membangun program atau wadah yang baik dan ideal untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup untuk cita-cita pembangunan berkelanjutan, secara singkat Adiwiyata merupakan nama proram pendidikan lingkungan hidup"Terangnya

Kegiatan ini merangkak sedikit demi sedikit untuk menata lingkungannya menjadi madrasah yang asri, hijau, bersih, indah dan nyaman dengan menjalankan salah satu program unggulannya yaitu Sekolah Adiwiyata. 
Program ini bukan sekedar menjadikan lingkungan madrasah menjadi hijau, asri, bersih, indah dan nyaman saja, tetapi bagaimana madrasah berusaha memberikan pemahaman terhadap siswa dan masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup sehingga menjadi karakter dan kebiasaan bagi siswa pada khususnya dan masyarakat luas pada umumnya. Madrasah dalam hal ini tidak dapat melakukannya sendiri, butuh adanya dukungan dari berbagai pihak, dinas terkait, instansi terkait dan lingkungan sekitar dalam memberikan infornasi dan edukasi tentang sekolah Adiwiyata"Tutupnya.(julip Ependi)