SMA Hang Tuah - 1 Plus Perhotelan Laksanakan Purnawiyata di Dyandra Convention Center Surabaya -->

Iklan Semua Halaman

SMA Hang Tuah - 1 Plus Perhotelan Laksanakan Purnawiyata di Dyandra Convention Center Surabaya

Redaksi
Rabu, 25 Mei 2022

Surabaya - SMA Hang Tuah-1 Plus  Perhotelan  Surabaya, Rabu (25/05/22)  melaksanakan Purnawiyata kepada 381 siswanya yang berlangsung  di Dyandra Convention Center Surabaya. Purnawiyata  merupakan simbul dari berakhirnya pendidikan bagi siswa-siswi tersebut berlangsung secara hikmat di pimpin langsung oleh Kepala SMA Hang Tuah-1 Plus Perhotelan Hadi  Sukiyanto, S.Pd. M.M dihadiri seluruh siswa beserta orang tua/wali murid masing-masing  dengan  tetap melaksanakan protokol kesehatan covid-19 .

Prosesi Purnawiyata SMA Hang Tuah -1 Plus Perhotelan diawali dengan penampilan lagu-lagu dari Tim Paragatahasa Symphony of Ballade ( Paduan Suara dan Orchestra) dengan menampilkan lagu The Lion Sleeps Tonight,  Selendang Sutra dan Rek Ayo Rek serta Lagu Karawitan  Gong Samudera Laras yang membawakan lagu Mari Kangen. Kemudian seluruh hadirin berdiri untuk menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Mars Hang Tuah.

Tidak ketinggalan Tari Saman  dan Tari Sparkling Surabaya yang di suguhkan oleh siswa-siswi SMA Hang Tuah 1  sehingga menambah riuhnya acara Purnawiyata ini. Selang beberapa saat di bacakannya surat keputusan kelulusan  dari 381 siswa pada tahun pelajaran 2021/2022 yang berhasil lulus seratus persen oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum  Ani Soesanti, S.Pd.  

 SMA Hang Tuah-1 Double Track Perhotelan  merupakan salah satu program unggulan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam bidang Pendidikan dimana SMA Hang Tuah-1 Plus Perhotelan ini  telah di rintis sejak zamannya Gubernur Jawa Timur  Dr.H Soekarwo, S.H., M. Hum pada tahun 2016 .

Menurut Kepala Sekolah SMA Hang Tuah -1 Plus Perhotelan Hadi Sukiyanto, S.Pd., M .M  pada tahun pelajaran 2021/2022 meluluskan 381 siswa terdiri dari jurusan IPA 177, jurusan IPS 204. Sekolahnya  melaksanakan kegiatan KBM reguler dan menyelenggarakan kegiatan pembekalan keterampilan secara berdampingan dengan memanfaatkan kearifan lokal. Salah satu dari tujuan utama dari program ini yakni memberikan keterampilan kepada siswa SMA Hang Tuah -1 sehingga jika mereka lulus dan terpaksa belum memiliki kesempatan untuk melanjutkan kuliah diperguruan Tinggi maka siswa tersebut memiliki bekal mandiri untuk berwirausaha atau bekerja di daerahnya sesuai skill yang didapatkan.

Hadir sekaligus menyampaikan apresiasi atas keberhasilan SMA Hang Tuah -1 Plus Perhotelan  Pengawas Pembina Dinas Pendidikan Jawa Timur Wilayah Surabaya-Sidoarjo  Drs. Dwi Priyono, M.M mewakili Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur bahwa  tiga keberhasilan yang telah di raih sampai pada saat ini yaitu  Penampilan pembangunan Gedung Sekolah, Sarana dan Prasarana, Pelayanan yang maksimal serta Prestasi siswa yang sangat membanggakan. Kesemuanya ini tentunya berkat kepiawian seorang kepala sekolah beserta jajarannya sehingga menghasilkan lulusan yang semakin banyak di terima di Perguruan Tinggi Negeri. 

Sebagai sambutan  berikutnya adalah Ketua Pengurus Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya Kolonel Laut (KH) Suryanto Hadiwidodo, S.Si., M.Pd., CTMP., CHRMP, kepada seluruh siswa  menyampaikan bahwa kelulusannya  dari SMA Hang Tuah-1 Plus Perhotelan ini merupakan modal dasar dan awal dari perjuangan yang masih panjang dan penuh hambatan, tantangan dan persaingan yag begitu besar. Sebaga Alumni Hang Tuah  yang telah memiliki bekal ilmu dan pengalaman , kedepan diharapkan dapat  membuktikan bahwa alumni SMA Hang Tuah-1 Plus Perhotelan  adalah alumni yang tangguh, berkompetensi, berkemampuan tinggi serta mampu mengatasi segala tantangan  baik yang akan melanjutkan ke jenjang Perguruan Tinggi , kedinasan( TNI/Polri ) maupun yang akan ke Dunia Usahan ataupun Dunia Industri (DU/DI).
 
Acara puncak Purnawiyata di tandai dengan   pengalungan gordon oleh walikelas masing masing kemudian meneria ucapan selamat kepada seluruh siswa satu persatu  oleh Kepala Sekolah Hadi Sukiyanto, S.Pd., M.M yang disaksikan oleh Waka Kurikulum  Ani Soesanti, S.Pd, Waka Kesiswaan  Supono Adi Sucipto, S.Pd  dan Waka  Sarpras  Munira Novita  W, S.Si .

Berhasil meraih prestasi terbaik katagori Peringkat Raport dan Peringkat Nilai USP  jurusan  IPA diraih oleh Alisa Putri Adelia  XII MIPA 2, Adhiba Nariswari Wiritanaya XII MIPA 5 dan Fitria Novianti XII MIIPA 5, sementara itu untuk jurusan IPS diraih oleh Rokhma Sri Agustina XII IPS 3, Syakirotul Hayati XII IPS 5 dan Viona Adella Safitri XII IPS 2. Siswa berprestasi Katagori Peringkat Nilai USP  di sabet oleh Alisa Putri Adelia XII MIPA 2 dan Arika Salsabela XII IPS 4.

Sebagai pesan dan kesan oleh siswa disampaikan oleh Teodora Mery siswa kelas XII MIPA 2 dan kesan pesan perwakilan orang tua di sampaikan oleh  Hariyono  yang merupakan orang  tua  dari  Arka Salsabel XII IPS 4 serta Pembacaan janji alumi  peserta purnawiyata oleh Febrianyah XII MIPA 5 dan Atasyah XII )(AD)