Pringatan Hari Otonomi Daerah ke-XXVI Tahun 2022 Secara Virtual di Hadiri Pemkab dan Frokopimda Labuhanbatu -->

Iklan Semua Halaman

Pringatan Hari Otonomi Daerah ke-XXVI Tahun 2022 Secara Virtual di Hadiri Pemkab dan Frokopimda Labuhanbatu

Redaksi
Senin, 25 April 2022

Labuhanbatu - Pemkab Labuhanbatu dalam hal ini Bupati Labuhanbatu dr.H.Erik Adtrada Ritonga, MKM, Wakil Bupati Labuhanbatu Hj.Elya Rosa Siregar, S.Pd, MM didampingi Sekdakab Labuhanbatu Ir. Muhammad Yusuf Siagian, MMA, Para Asisten I,II dan III, Kajari Labuhanbatu Jefri Penanging Makapedua, SH, MH,
Kasdim 0209/LB Mayor Inf. Indra Gunawan, dan seluruh kepala OPD Pemkab Labuhanbatu mengikuti peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXVI tahun 2022 secara virtual di Ruang Data dan Karya Kantor Bupati Labuhanbatu, Senin 25 April 2022.

Peringatan Hari Otonomi Daerah tahun 2022 diisi dengan pidato Mendagri Jenderal Polri Tito Karnavian yang diwakili Dirjen Mendagri Akmal Maliki, dijelaskannya,
Peringatan hari otonomi daerah tahun 2022 kali ini mengambil tema "Dengan Semangat Otonomi Daerah, Kita Wujudkan ASN Yang Proaktif Dan Berakhlak Dengan Membangun Sinergi Pusat Dan Daerah Dalam Rangka Mewujudkan Indonesia Emas 2045".

Penetapan tanggal 25 April sebagai Hari Otonomi Daerah merupakan tonggak sejarah bagi kehidupan berbangsa dan bernegara, khususnya dalam administrasi pemerintahan di Indonesia. Penetapan tanggal 25 April sebagai Hari Otonomi Daerah dinyatakan secara resmi dalam amanat Presiden pada Upacara Peresmian Pemantapan Daerah Percontohan Otonomi Titik Berat pada Daerah Tingkat II pada tanggal 25 April 1995 di Istana Negara. Pemerintah menetapkan dan mengesahkan tanggal 25 April sebagai Hari Otonomi Daerah melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 1996 tanggal 7 Februari 1996.

Momentum Hari Otonomi Daerah ke XXIII Tahun 2019 dijadikan pengingat seluruh unsur pemerintah untuk bersama berkomitmen membangun daerah yang bersih, transparan dan akuntabel.

Mari kita lakukan pengawasan terhadap kegiatan-kegiatan otonomi daerah yang mampu meningkatkan kinerja penyelenggara pemerintah daerah yang berorientasi pada pelayanan masyarakat. Sehingga dengan hal tersebut diharapkan, penyelenggara pemerintah dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"Saya berharap kita dapat terus meningkatkan kinerja penyelenggara pemerintahan, dan menjaga sinergitas pemerintah pusat, pemerintah daerah, DPRD, dan sampai ke lapisan masyarakat. " pungkasnya.

Adapun kegiatan ini diikuti oleh Gubernur, Bupati, Wali Kota, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota se-Indonesia.

Sebagai informasi, pada peringatan Hari Otda, Ditjen Otda Kemendagri telah menggelar sejumlah rangkaian kegiatan seperti podcast hingga talkshow yang menghadirkan sejumlah narasumber dengan ragam topik diskusi.(Julipependi)