Jaga Kondisi Kesehatan Warganya, Babinsa Gandekan Laksanakan Pendampingan Posbindu -->

Iklan Semua Halaman

Jaga Kondisi Kesehatan Warganya, Babinsa Gandekan Laksanakan Pendampingan Posbindu

Redaksi
Selasa, 25 Januari 2022

Surakarta - Posbindu adalah singkatan dari Pos Pembinaan Terpadu  Posbindu ini merupakan kegiatan deteksi dini penyakit tidak menular seperti Jantung, Hipertensi, Kolesterol, Asam urat, Diabetes dan lain-lainya. Sasaran Posbindu ini dari usia 15 tahun keatas, demikian halnya yang dilaksanakan oleh Babinsa Gandekan Koramil 04/Jebres Kodim 0735/Surakarta Serda Teguh K bersama Kader PKK Kelurahan Gandekan  melaksanakan pendampingan kegiatan Posbindu bertempat di Pendopo Kelurahan Jl. Sungai Batanghari  No.23 Kelurahan Gandekan Kecamatan Jebres. Selasa ( 25/01/2022).

Kegiatan Posbindu dilaksanakan setiap bulan di wilayah kerja Puskesmas Purwodiningratan, Kunjungan Posbindu itu sendiri setiap bulannya tidak pasti untuk waktunya.

Pemeriksaan yang dilakukan dalan kegiatan Posbindu ini mulai dari pendaftaran, Wawancara tentang riwayat penyakit keluarga, pemeriksaan Tinggi Badan, Tekanan Darah, Lingkar perut, pemeriksaan kadar lemak dalam tubuh dengan menggunakan alat Body Fat, Pemeriksaan Kadar Gula dalam darah, Kolesterol, Asam Urat dan di tutup dengan Konseling.

Dalam kesempatan itu Serda Teguh K menyampaikan "Manfaat atau tujuan dari posbindu umumnya lebih kepada meningkatkan kesejahteraan hidup bagi mereka yang sudah berumur, termasuk juga lansia. dan lebih di kedepankan terhadap kontrol penyakit tidak menular (PTM) Biasanya dengan adanya kegiatan Posbindu di masyarakat maka mereka yang memiliki penyakit Hypertensi, diabetes, Asam urat dan lainnya akan dapat terkontrol sehingga  kesehatan mereka  akan semakin baik.

Lebih lanjut, Serda Teguh K juga menyampaikan himbauan kepada Masyarakat untuk tetap disiplin Protokol Kesehatan dengan menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, menghindari kerumunan serta membatasi mobilitas dan interaksi apabila tidak begitu penting dimasa Pandemi Covid-19 ini.(Arda 72)