Wayang Kulit Meriahkan Hari Armada RI Tahun 2021 Di Koarmada II -->

Iklan Semua Halaman

Wayang Kulit Meriahkan Hari Armada RI Tahun 2021 Di Koarmada II

Redaksi
Minggu, 05 Desember 2021

Surabaya - Memeriahkan momen menyambut Hari Armada Republik Indonesia Tahun 2021, Komando Armada II menghadirkan Pagelaran Wayang Kulit yang digelar di Indoor Sport Markas Koarmada II, kawasan Ujung, Perak Surabaya pada Sabtu (4/12/2021).

Pagelaran wayang kulit yang berlangsung semalam suntuk ini, dihadiri langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M. di dampingi Pangkoarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H.,M.A.P.,M.Tr.(Han). Ikut hadir mendampingi yakni Ketua Umum Jalasenastri Ny. Vero Yudo Margono, dan Ketua Daerah Jalasenastri Armada II Ny. Dewi Iwan Isnurwanto.

Selain Kasal, hadir langsung  menyaksikan pegelaran wayang ini Komandan Kodiklatal, Komandan Pushidrosal, Pangkoarmada I , Pangkoarmada II, para Pejabat Utama Mabesal,Pangkotama TNI AL wilayah Surabaya, perwakilan Forkopimda Jatim, dan para pejabat utama Koarmada II, serta pengurus inti PP Jalasenastri dan DJA II.

Dalam pagelaran ini, dalang kenamaan Ki Sigid Ariyanto dari Rembang, membawakan lakon "Wahyu Katentreman" dengan tokoh utama Puntadewa. Usai menerima wayang Puntadewa dari Pangkoarmada II,  Ki Sigid Ariyanto jebolan STSI Surakarta ini segera beraksi. Puntadewa adalah putra sulung Prabu Pandudewanata, raja negara Astina dengan permaisuri Dewi Kunti.  Ia adalah titisan Bathara Darma yang mempunyai watak  sabar, ikhlas, percaya atas kekuasaan Tuhan, tekun dalam agamanya, tahu membalas guna dan selalu bertindak adil dan jujur. Ia juga terkenal pandai bermain catur. Setelah Pandawa berhasil membangun negara Amarta di hutan Mertani, Puntadewa dinobatkan sebagai raja negara Amarta bergelar Prabu Darmakusuma. Ia juga bergelar Prabu Yudhistira karena dalam tubuhnya menunggal arwah Prabu Yudhistira.

Ada hal menarik dari pagelaran wayang yang disiarkan langsung lewat channel  Youtube ini, yakni kehadiran salah satu sinden tamu . Malam tadi Ki Sigid Ariyanto berkolaborasi dengan Agnes Serfozo atau dengan nama panggung Agnes Serfozo Bule, sinden yang berasal dari Hungaria namun piawai melantunkan gending atau tembang Jawa.

Tidak ketinggalan lagu Jalesveva Jayamahe versi Jawa yang tengah booming di kalangan prajurit TNI AL, ikut dilantunkan oleh para sinden . Meski ditemani gerimis tipis, namun Ki Sigid Ariyanto dan tim berhasil menghangatkan acara lewat sesi "Limbukan" dan Goro-Goro". Sehingga membuat penonton betah duduk menyaksikan pagelaran hingga  pukul 04.00 Wib ini.

Sementara itu dalam sambutannya Kepala Staf Angkatan Laut menyampaikan bahwa pagelaran wayang kulit sebagai rangkaian dari Hari Armada RI 2021. Menurut Kasal pagelaran ini tentunya sudah lama dirindukan oleh para prajurit. Namun karena pandemic Covid-19 selama dua tahun , hal tersebut harus tertunda.

"Mudah-mudahan dengan hiburan ini  imun kita dapat naik karena gembira sehingga menjadi berkah bagi kita semua.  Pagelaran ini juga tidak hanya sekedar tontonan saja, tapi menjadi tuntunan. Karena saya yakin dalam lakon ini banyak petuah-petuah yang dapat ita serap kedepan untukmenuju  katentreman," tutur Kasal.

Lebih lanjut orang nomor satu di TNI AL ini mengucapkan terima kasih kepada Pangkoarmada II  dalam rangkaian Hari Armada RI Tahun 2021, yang jatuh pada hari ini 5 Desember 2021 dan akan diperingati terpusat di Koarmada II pada Senin besok.(Pen2)