Tingkatkan Kemampuan Siswa Dikmaba TNI AL Angkatan XLI Pusdikbanmin Kodiklat TNI AL Lattek VBSS -->

Iklan Semua Halaman

Tingkatkan Kemampuan Siswa Dikmaba TNI AL Angkatan XLI Pusdikbanmin Kodiklat TNI AL Lattek VBSS

Redaksi
Rabu, 08 Desember 2021

Surabaya - Sejumlah 96 orang siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) TNI Angkatan Laut Angkatan Ke-41 Gelombang 1 yang saat ini sedang menempuh pendidikan tahap Dasar Golongan Lanjutan (Sargolan) di Pusat Pendidikan Bantuan Administrasi (Pusdikbanmin) Kodiklatal mengikuti Latihan Praktek (Lattek) Visit Board Search and Seizure (VBSS) di Area Sekolah Bintara Pusdikbamin Kesatrian Kodiklatal Bumimoro Surabaya. Selasa (07/12/2021).

Kegiatan Lattek yang dilaksanakan selama satu hari dibuka oleh Komandan Pusdikbanmin Kolonel Laut (S) Anggun Nan Tungga, S.T., S.E., M.MT., M.Tr Opsla selaku Direktur Latihan (Dirlat) Lattek VBSS.  Selain itu hadir pula Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) yang dijabat Komandan Sekolah Bintara Pusdikbanmin.

Dalam sambutanya Komandan Pusdikbanmin menyampaikan bahwa Tujuan dari Lattek ini adalah untuk membekali para siswa tentang VBSS agar memiliki keterampilan tentang konsep aksi dan penggunaan kekuatan VBSS, sehingga dapat mengaplikasikannya dalam kedinasan TNI/TNI Angkatan Laut. Sedangkan sasaran lattek yaitu para siswa mampu menjelaskan pembuatan rencana konsep aksi VBSS, menjelaskan prosedur penggunaan kekuatan, serta menjelaskan aplikasi small boat interception dengan baik dan benar.

Berbagai materi Lattek VBSS diberikan berkaitan dengan pembuatan rencana konsep aksi VBSS, prosedur penggunaan kekuatan, dan aplikasi small boat interception. Selesai mengikuti Lattek ini diharapkan siswa mampu melaksanakan tugas-tugas yang berkaitan dengan implementasi VBSS dengan baik dan benar, sehingga diharapkan bisa menjadi prajurit TNI AL yang unggul, profesional dan modern sesuai bidang tugasnya.

Komandan Pusdikbanmin juga menyampaikan dengan melihat situasi kondisi saat ini khususnya dimasa Pandemi Covid-19 ini proses pembelajaran yang dilaksanakan di Kodiklatal harus tetap terlaksana dengan baik agar bekal pengetahuan dan keterampilan yang diberikan kepada siswa bisa optimal.

Oleh sebab itu protokol kesehatan untuk mencegah tertularnya Covid-19 harus ditaati dengan disiplin yaitu memakai masker selama kegiatan lattek berlangsung dan juga pada setiap kegiatan apapun yang dilaksanakan oleh siswa, mencuci tangan sesering mungkin baik sebelum Lattek maupun sesudah Lattek, menjaga jarak selama kegiatan latihan, menghidari kerumunan seoptimal mungkin dan membatasi mobilitas untuk menghindari terpapar Virus Covid-19.(AD)