Dankodiklat TNI AL Hadiri Puncak Hari Armada RI Tahun 2021 di Dermaga Ujung Koarmada II Surabaya -->

Iklan Semua Halaman

Dankodiklat TNI AL Hadiri Puncak Hari Armada RI Tahun 2021 di Dermaga Ujung Koarmada II Surabaya

Redaksi
Senin, 06 Desember 2021

Surabaya - Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Dankodiklatal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat menghadiri puncak Hari Armada RI Tahun 2021 yang dipusatkan di Dermaga Ujung Koarmada II Surabaya. Puncak Hari Armada RI yang diselenggarakan dengan upacara militer tersebut dipimpin langsung Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., Senin, (6/12/2021).

Selain Dankodiklatal hadir dalam acara puncak Hari Armada RI Tahun 2021 tersebut para Pejabat Utama Mabesal, Para Pangkotama TNI AL Wilayah Surabaya dan Pejabat TNI Polri Wilayah Gartab III Surabaya. Selain itu hadir pula Pejabat Forkopimda Surabaya.

Puncak Upacara Hari Armada RI Tahun 2021 ini melibatkan pasukan upacara sebanyak 1.020 personel yang terdiri dari Korps Musik, Kompi Gabungan Pama, Kompi Taruna AAL, Kompi Gabungan Kowal, Kompi Gabungan Pomal, 2 Kompi Bintara KRI Koarmada RI, 2 Kompi Tamtama KRI Koarmada RI, Kompi Satuan Marinir, Kompi Satuan Udara, Kompi Gabungan Passus Koarmada RI dan Kompi Pegawai Negeri Sipil (PNS) Koarmada II.

Sebagai Background dalam pelaksanaan upacara tersebut beberapa kapal perang yang sandar di Dermaga Madura yakni KRI Ahmad Yani-351, KRI Diponegoro-365 dan KRI Usman Harun-359. Ke tiga KRI ini merupakan kapal Combatan yang berada di bawah Satuan Kapal Eskorta (Satkor) Koarmada II. 

Pada Hari Armada RI tahun ini mengambil tema "Armada RI Ksatria Pengawal Samudra Untuk Indonesia Tumbuh Indonesia Maju"  dalam upacara ini Kasal juga memberikan Tanda Jasa Satya Lencana Kesetiaan kepada perwakilan Perwira, Bintara dan Tamtama Koarmada II yang telah mengabdi dengan setia kepada NKRI selama 24 Tahun, 16 Tahun dan 8 Tahun.

Selesai kegiatan Upacara dimeriahkan dengan parade Alutsista TNI AL diantaranya Heli Panther AS 565 MBE, 2 Tank Amfibi BMP-3F, 2 LVT-7A dan 2 Roket Multi Laras (MLRS) RM 70 Vampire. Selain itu juga dimeriahkan dengan  Demo Gabungan Passus TNI POLRI yang terdiri dari Satkopaska, Taifib, Denjaka, Satgultor Kopassus, Tontaipur Kostrad, Denbravo Paskhas dan Gegana Brimob yang melaksanakan Full Mission Profile dan Fun Jump.

Kegiatan diakhiri dengan dialog Virtual antara Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dengan para prajurit TNI AL yang sedang melaksanakan operasi diantaranya KRI Sultan Iskandar Muda (SIM) yang saat ini sedang bertugas di MTF/Lebanon, KRI Bung Tomo Ops Siaga Segara-21/Natuna, Satgas Marinir di Ambalat (Sebatik), Satgas Udara di Ambalat (Tarakan), Lanal Sabang, Lanal Rote dan Lanal Timika.(AD)