Komandan Puspenerbal Hadiri Apel Gelar Pasukan Latihan Operasi Amfibi -->

Iklan Semua Halaman

Komandan Puspenerbal Hadiri Apel Gelar Pasukan Latihan Operasi Amfibi

Redaksi
Jumat, 22 Oktober 2021

Sidoarjo - Komandan Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut (Puspenerbal) Laksmana Muda (Laksda) TNI Edwin, S.H., M.Han., mengahdiri Apel Gelar Pasukan Latihan Operasi Amfibi Tahun 2021, Jum'at (22/10), yang dipimpin langsung oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yang digelar di Dermaga JICT Tanjung Priok Jakarta Utara.

Kasal memimpin apel dengan melaksanakan inspeksi terhadap kesiapan unsur dan prajurit TNI AL yang dilibatkan. Setelah melaksanakan gelar pasukan, prajurit serta unsur TNI AL akan melaksanakan fase Manuvra Lapangan tanggal 22-25 Oktober 2021 di Jakarta, perairan Laut Jawa, dan Dabo Singkep , Kepulauan Riau. 

Kasal Laksamana TNI Yudo Margono dalam amanatnya menyampaikan bahwa "TNI AL sebagai bagian dari komponen utama pertahanan negara dilaut bertanggung jawab untuk melaksanakan pembinaan kesiapan tempur matra laut, kekuatan armada laut kita harus selalu siap  setiap saat". 

Kasal menjelaskan, latihan operasi amfibi yang dilaksanakan setiap tahun merupakan implematasi nyata dan pembinaan dan pembangunan kekautan TNI AL menuju kekuatan laut yang siap dioperasikan. 

"Latihan Operasi Amfibi ini diharapkan para prajurit laut mulai dari level Panglima, Komandan hingga prajurit terbawah dapat terus menempah diri melalui pengalaman maupun permasalahan-permasalahan yang ditemui selama pelaksanaan operasi dilapangan, terang Kasal. 

Diakhir amanatnya Kasal memberikan beberapa penekanan, pertama awali setiap kegiatan selalu membaca doa kepada Tuhan YME, dan siapkan mentalmu untuk berlatih dengan kesungguhan seperti melaksanakan pertempuran sebenarnya, kedua uatamakan keselamatan selama melaksanakan latihan dan jalankan fungsi komando dan prosedur latihan dengan tegas dan jelas patuhi protokol kesehatan.
 
Ketiga lanjut kasal, manfaatkan kesempatan latihan untuk menguji kemampuan dan naluri tempur serta selalu berinovasi dan beradaptasi terhadap perkembangan taktik peperangan.  

Komandan Puspenerbal Laksda TNI Edwin menambahkan bahwa "Pada Latihan Operasi Amfibi ini Puspenerbal menggerakkan 6 Pesud G-36 Bonanza, 3 Pesud CN235-220 MPA, 1 Pesud NC212 Aviocar, 1 Pesud KA350i King Air, 2 Heli Bell 412, 2 Heli BO 105 Bolkow dan 3 Heli AS565MBE Panther. 

Hadir dalam kegiatan apel gelar pasukan tersebut, Para Pejabat Utama Mabesal, Para pemimpin Kotama TNI AL, Pangkogabwil I, Dankodiklatal, Kepala Syahbandar Utama, Kepala Bea Cukai Tanjung Periok, dan GM Pelindo.(AD)