Aspers Kasal Beri Pembekalan Siswa Diktukpa Angkatan LI dan Diktupakat TA 2021 Melalui Vicon -->

Iklan Semua Halaman

Aspers Kasal Beri Pembekalan Siswa Diktukpa Angkatan LI dan Diktupakat TA 2021 Melalui Vicon

Redaksi
Jumat, 22 Oktober 2021

Surabaya - Asisten Personel (Aspers) Kasal Laksda TNI Irwan Achmadi, M.Tr (Han) memberi pembekalan kepada siswa Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktukpa) Angkatan ke-51 dan Siswa Pendidikan Pembentukan Perwira Singkat (Diktupakat) TA 2021 melalui Vidio Conference. Adapun para siswa Diktukpa dan Diktupakat yang mengikuti pembekalan ini sedang menempuh pendidikan di Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan laut (Kodiklatal).21)19/21

Dalam pembekalan tersebut Aspers Kasal berada di Ruang Auditorium Mabesal Jakarta sedangkan para siswa yang berjumlah  758 siswa Diktukpa dan Diktupakat berada di Gedung Moeljadi dan Gedung R.E Martadinata Kesatrian Kodiklatal Bumimoro Surabaya, Jumat, (22/10/2021).

Para siswa ini berasal dari tiga Kodik dibawah Kodiklatal yaitu Kodikopsla, Kodikmar dan Kodikdukum. Ke-758 siswa tersebut terdiri 469 siswa Diktukpa Angkatan LI dengan rincian 100 orang Siswa Korps Pelaut, 76 orang siswa Korps Teknik, 46 orang siswa Korps Elektronika, 93 orang Korps Suplai, 27 orang Korps Kesehatan, 19 orang Korps Pomal, 23 orang Korps Khusus dan 85 orang siswa Korps Marinir. 

Sedangkan 289 orang sisanya merupakan siswa Diktupakat TA 2021 dengan rincian 80 orang Siswa Korps Pelaut, 58 orang siswa Korps Teknik, 29 orang Korps Elektronika, 25 orang Korps Suplai, 2 orang Korps Kesehatan, 11 orang Korps Pomal, 26 orang Korps Khusus dan 55 orang siswa Korps Marinir. 

Acara diawali dengan pembukaan dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya, laporan Ketua Senat, Pembacaan curriculum vitae, pembekalan Aspers Kasal dan diakhiri dengan tanya jawab. 

Mengawali pembekalannya Aspers Kasal Laksda TNI Irwan Achmadi,  M. Tr (Han)  menyampaikan bahwa Visi Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M adalah Terwujudnya TNI AL yang profesional, modern dan tangguh untuk mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berdasarkan gotong royong. Sedangkan misinya adalah mewujudkan prajurit TNI AL yang profesional, tangguh dan berkarakter, membangun struktur kekuatan TNI AL dengan manajemen organisasi modern, efektif dan efisien.

Misi yang lain adalah mewujudkan Sistem Senjata Angkatan Laut (SSAT) yang terintegrasi, memiliki tingkat kesiapan operasional yang tinggi dan menggunakan teknologi mutakhir serta memiliki interoperability dan Membina kekuatan dan kesiapan operasional TNI AL sebagai kekuatan utama matra laut yang mampu dan tangguh dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI.

Sedangkan prioritas Kasal selama kepemimpinan adalah pembangunan sumberdaya manusia TNI AL yang unggul melalui rekrutmen, pendidikan, peningkatan kesejahteraan prajurit,  pembenahan manajemen SDM melalui Penempatan Jabatan dan Pengendalian Karier. Prioritas lainya adalah modernisasi KRI, Pesud dan material tempur lainya menuju kekuatan yang siap dioperasikan serta pembangunan dan peningkatan sarana dan prasarana Pangkalan TNI AL.

Menurutnya sebagai seorang perwira telah diikat dalam sumpah antara lain perwira akan  memenuhi  kewajiban  perwira  dengan sebaik  -  baiknya   terhadap  Bangsa  Indonesia   dan  Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang - Undang  Dasar  1945, akan menegakkan harkat dan martabat perwira serta menjunjung tinggi Sumpah Prajurit dan Sapta Marga.

Selain itu seorang perwira juga akan memimpin anak buah dengan memberi suri teladan, membangun karsa, serta menuntun pada jalan yang lurus dan benar dan akan rela berkorban jiwa raga untuk membela nusa dan bangsa. Selain itu perwira haruslah Profesional, Educated, responsibility, wise, inovatif / inisiative, rational dan acceptable. 

Dalam kehidupan sehari hari sorang perwira harus berpedoman kepada pancasila, sapta marga, sumpah prajurit, delapan wajib TNI, kode etik perwira, azas-azas kepemimpinan TNI, Trisila TNI AL dan Hree Dharma Shanty.

Hadir dalam pembekalan tersebut Wadan Kodiklatal Laksda TNI Agus Hariadi dan para pejabat utama Kodiklatal antara lain para Direktur, para Komandan Kodik dan Puslat serta para Komandan Pusdik dijajaran Kodiklatal.(Red)