Serbuan Kedua, Gubernur AAL Tinjau Jalannya Vaksinasi Maritim TNI AL di Pulau Mandangin -->

Iklan Semua Halaman

Serbuan Kedua, Gubernur AAL Tinjau Jalannya Vaksinasi Maritim TNI AL di Pulau Mandangin

Redaksi
Sabtu, 25 September 2021

Surabaya - Pada serbuan kedua ini, Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL), Mayjend TNI Nur Alamsyah, S.E.,M.M.,M.Tr (Han) meninjau pelaksanaan vaksinasi bagi masyarakat maritim TNI AL yang digelar  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) AAL dengan melibatkan 40 Taruna AAL Tingkat lV Angkatan ke-67 di Pulau Mandangin, Sampang, Madura, Sabtu (25/9/2021).

Gubernur AAL yang datang dengan menggunakan dua Kapal Angkatan Laut (KAL) Kadet Kadet VIII-06 dan Kadet VIII-07 bersama 40 Taruna yang sedang melaksanakan program Weekend Laut (WEL) ini, didampingi Wagub AAL Laksma TNI Rudhi Aviantara, S.E., M.Si., M.Tr (Han), Seklem AAL Laksma TNI Syamsul Rizal, S.E., M.M dan para Pejabat Utama AAL lainnya. Hadir juga Ketua CBS Jalasenastri AAL, Ny. Ayu Nur Alamsyah, dan pengurus CBS AAL lainnya. 

Kedatangan Gubernur beserta rombongan disambut KPPM AAL, Kolonel Laut (KH) Dr. M Saichu, Wakapolres Sampang, Kompol Jalaludin, Danramil Kota Sampang, Kpt Warudi, Kepala Desa Pulau Mandangin, H. Saiful Anam, Kapolsek Kota Iptu Sutomo, S.Pd, Kasatpolair Iptu Catur, Danpos Kamladu Camplong Peltu Tikno dan Babinsa Serka Mansur.
 
Dalam pelaksanaan serbuan vaksin dan bakti sosial kali ini, Tim vaksinator AAL diketuai Karumkit drg. Nainggolah AAL, Mayor Laut (K) drg. Sophian Abdurahman, Sp. KG. bersama sembilan personel Subditkes AAL menyiapkan 500 dosis vaksin. Pelaksanaan vaksinasi dimulai pukul 08.00 hingga 13.00 WIB bekerjasama dengan 16 orang  tenaga kesehatan dari Puskesmas Pulau Mandangin.

Dari 500 dosis vaksin yang disiapkan, terealisasi 369 dengan rincian 233 untuk dosis kedua dan 136 untuk dosis pertama. Sementara sisanya diberikan kepada Puskesmas Pulau Mandangin untuk melanjutkan vaksinasinya. Vaksinator AAL dalam melaksanakan penyuntikannya, digelar didua tempat, yaitu di gladak KAL Kadet-07 dengan memanggil perahu nelayan merapat ke buritan, lambung kanan atau lambung kiri KAL Kadet dan di Balai Desa  Mandangin.

Menurut Gubernur AAL, Serbuan vaksinasi Covid-19 kali ini merupakan serbuan kali kedua, dimana serbuan pertama di Mandangin, digelar 14 Agustus 2021 lalu yang berhasil menyuntkan 400 dosis vaksin. Serbuan vaksin dan bakti sosial ini, digelar dalam rangka peringatan HUT ke-76 TNI pada tanggal 5 Oktober dan HUT ke-70 AAL pada 10 Oktober mendatang serta pengabdian 33 tahun TNI-Polri Akabri 89.

TNI AL lanjut Gubernur AAL, terus melancarkan Serbuan Vaksinasi diberbagai satuan dijajarannya, termasuk di AAL. Hal ini sebagai tindak lanjut dari perintah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M. untuk membantu pemerintah dalam percepatan penanganan Covid-19 diwilayahnya masing-masing.
 
"Kita akan terus mendorong dan membantu agar serbuan vaksin ini terus berjalan sesuai yang diharapkan. Sehingga kekebalan kelompok (herd immunity) dapat terbangun sesuai dengan yang dicanangkan oleh Presiden dalam menekan angka penyebaran Covid-19 di Indonesia," paparnya. 
 
Bersama dengan pelaksanaan Serbuan Vaksinasi ini, AAL dan Alumni TNI-Pori Akabri 89, juga memberikan 500 bingkisan paket sembako yang diserahkan Gubernur AAL dan Ketua CBS Jalasenastri AAL secara simbolik kepada warga yang melaksanakan vaksin dan penyerahan bantuan kepada Ponpes Miftahul Ulum dan Ponpes Al Hasani. Bantuan tersebut dimaksudkan untuk mambantu meringankan beban masyarakat, khususnya yang telah mengikuti vaksinasi. 
 
"Selain sebagai bakti TNI/TNI AL kepada bangsa dan negara, juga sebagai salah satu bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi AAL dalam menjalankan pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara," pungkasnya. 

Sementara itu Kapala Desa Pulau mandangin, H. Saiful Anam mengucapkan terimakasih kepada TNI AL khususnya AAL yang telah memilih masyarakat Pulau Mandangin untuk menjadi sasaran pelaksanaan bakti sosial, berupa vaksinasi Covid-19 dan bantuan paket sembako, dan berharap kedepan kerjasama ini bisa berlanjut.(AD)