Pesud TNI AL Bayangi Kapal Perang USA Saat Lintasi Indonesia -->

Iklan Semua Halaman

Pesud TNI AL Bayangi Kapal Perang USA Saat Lintasi Indonesia

Redaksi
Kamis, 19 Agustus 2021

Surabaya - Pesawat udara TNI Angkatan Laut, NC-212 Casa No. U-6207 dari Skuadron 600 Wing Udara 2 Puspenerbal yang tergabung dalam Operasi Garda Paus-21 BKO Guspurla Koarmada II ,membayang-bayangi / Shadowing terhadap kapal perang Amerika Serikat US Army Harpers ferry saat melintasi perairan Indonesia.

Komandan Guspurla Koarmada II Laksma TNI Hersan, S.H., M.Si. mengatakan jika kapal milik US Army Harpers Ferry terdeteksi oleh pesud TNI AL pada Senin (14/8) sedang melaksanakan lintas laut di Perairan Indonesia. "Kapal Harpers Ferry merupakan armada pendukung latihan bersama antara TNI AD dengan US. Army yang mana latihan dilaksanakan di daratan Kalimantan Timur Semayang - Balikpapan dan Lampung ",terangnya.

Sesuai prosedur keamanan laut, pihaknya lantas pesawat udara yang dipiloti oleh Kapten Laut(P) A. Widyas dan Copilot Lettu Laut(P) Rana,melaksanakan shadowing terhadap US Army Harpers di Koordinat : 04° 36' S - 115° 16' T  (Tenggara Banjarmasin) dengan hasil pengamatan tidak tampak kegiatan yang mencurigakan selama dilaksanakan shadowing oleh pesud  U-6207.

"Kehadiran Pesud dan KRI di perairan yurisdiksi nasional pada setiap sektor operasinya adalah kegiatan yang secara terus menerus dilaksanakan oleh TNI AL, hal ini sebagai bukti dalam mengamankan dan menjaga kedaulatan NKRI", pungkas Laksma Hersan.(Pen2)