Perss Police Minta Pemkab Labuhanbatu Bersikap Transparan Atas Penggunaan Anggaran Covid -->

Iklan Semua Halaman

Perss Police Minta Pemkab Labuhanbatu Bersikap Transparan Atas Penggunaan Anggaran Covid

Redaksi
Selasa, 24 Agustus 2021

Labuhanbatu - Grup atau Perkumpulan Wartawan dengan sebutan Perss Police meminta agar Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu bersikap transparan atas penggunaan anggaran Covid-19 Tahun Anggaran 2021.

Ketua Perss Police Labuhanbatu Abi Riduwan,SH mengatakan, situasi Level 3 tiga dengan Zona Merah yang terjadi akibat pandemi Covid-19 bukan alasan bagi Pemkab Labuhanbatu untuk tidak transparan.

"Yang perlu digaris bawahi adalah mau pengadaannya dalam keadaan darurat pun yang namanya prinsip transparansi dan akuntabilitas harus tetap dijunjung, tidak bisa dinomorduakan," kata Abi dalam sebuah diskusi, Selasa (24/8/2021).

Abi mengatakan, publik berhak tahu pengunaan uang yang berasal dari APBD Maupun APBN itu dalam rangka penanganan Covid-19 yang sangat erat dengan kebutuhan masyarakat.

"Transparansi pengunaan anggaran itu juga diperlukan menyusul banyaknya inisiatif masyarakat yang mengumpulkan donasi berupa uang dan barang untuk penanganan Covid-19,"Ungkap Ketua Perss Police.

Hal ini diperlukan supaya donasi yang dikumpulkan Perusahaan, pengusaha atau masyarakat selaras dengan pengadaan kebutuhan untuk menangani Covid-19 yang dilakukan Pemerintah.

"Harusnya pemerintah bisa memberikan informasi yang lebih jelas, berapa banyak sih masyarakat yang melakukan sumbangan uang,pengusaha, perusahaan baik itu barang, kalau barangnya, APD-nya sudah berapa banyak, kemudian yang dibutuhkan pemerintah berapa banyak," kata Abi.

Abi mengatakan,informasi semacam itu masih sulit untuk diakses publik.Padahal informasi itu penting karena pengadaan terkait Covid-19 ini akan berpengaruh pada berapa banyak nyawa yang dapat diselamatkan.

"Harusnya publik juga tahu,atau melalui saluran media, berapa peruntukan anggaran dana Covid.berapa yang sudah tersalurkan.Apalagi pemkab Labuhanbatu mempunyai akses dinas Kominfo.Jika tertera di Halaman Website Kominfo Masyarakat akan lebih jelas melihatnya,"Pinta Abi.(julip Ependi)