Kasal Harapkan Pomal Aktif Dukung Percepatan Penanganan Covid-19, Pemulihan Ekonomi dan Vaksinasi Nasional -->

Iklan Semua Halaman

Kasal Harapkan Pomal Aktif Dukung Percepatan Penanganan Covid-19, Pemulihan Ekonomi dan Vaksinasi Nasional

Redaksi
Senin, 22 Februari 2021

Surabaya - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., mengharapkan Pomal (Polisi Militer Angkatan Laut) berpartisipasi aktif sebagai bagian tugas TNI Angkatan Laut dalam mendukung program pemerintah guna percepatan penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional serta program vaksinasi nasional agar dapat berjalan dengan aman dan lancar.

"Pada peringatan HUT ke-75 Polisi Militer Angkatan Laut ini, saya mengapresiasi kinerja organisasi Puspomal dalam mendukung tugas TNI AL sebagai bagian dari alat pertahanan negara Matra Laut," kata Kasal dalam amanat tertulis yang dibacakan Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III, Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han)., pada Apel Khsus dalam rangka peringatan HUT ke-75 Pomal, Senin (22/2/2021) di dermaga Salawati Mako Koarmada III, Katapop, Kab. Sorong, Papua Barat, Senin (22/2/2021). Apel Khusus diikuti Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNI Maman Firmansyah, Kapok Sahli Koarmada III Laksma TNI Lilik Suparyana, S.T., M.Tr. (Han)., para Asisten Pangkoarmada III, prajurit Koarmada III. 

Pada awal amanatnya, Kasal menegaskan bahwa dinamika perkembangan global dampak merebaknya virus Corona telah memengaruhi seluruh tatanan kehidupan masyarakat, tidak terkecuali tata nilai sosial di lingkungan TNI AL. "Kita sebagai abdi negara dituntut turut serta mereduksi implikasi negatif pandemi Covid-19, dengan mematuhi protokol kesehatan dan meningkatkan kewaspadaan guna menjaga stabilitas nasional. Perubahan tatanan kehidupan dalam masyarakat ini diharapkan tidak berdampak negatif terhadap pola pikir, pola tindak dan motivasi personel TNI AL dimanapun berada dan bertugas," tegasnya.

Menurut Kasal, Pomal adalah figur prajurit yang memegang teguh semboyang "Wijna Wira Widhayaka"….prajurit penegak aturan yang berwatak kesatria, arif dan bijaksana serta senantiasa menjungjung tinggi prinsip kebenaran. Untuk itu, institusi Pomal sebagai penagak hukum dan tata tertib prajurit, harus dapat menunjukkan eksistensinya guna mencegah dan menangani setiap pelanggaran disiplin, maupun menjauhkan prajurit TNI AL dari segala bentuk tindak pidana. Selain itu, setiap individu prajurit Pomal harus menjadi teladan dan panutan dalam pelaksanaan tugas sesuai hukum dan undang-undang dan peraturan yang berlaku. 

"Untuk mencapai hal tersebut, dibutuhkan prajurit Pomal yang berdedikasi, kredibel, dan profesional. Capaian ini hanya dapat berhasil bila Pomal terus membenahi organisasi berlandaskan pada Tripilar, yaitu kesiapan personel, kesiapan meteriil Pomal yang didukung perangkat lunak serta penyelenggaraan dukungan yang baik," tegas. 
Kadispen Koarmada III Kolonel Laut Drs. Abdul Kadir, M.A.P.(AD)