Dimasa Pandemi Covid-19, PKKS SMK KAL-1 Ciptakan Generasi Solutif Bukan Polutif -->

Iklan Semua Halaman

Dimasa Pandemi Covid-19, PKKS SMK KAL-1 Ciptakan Generasi Solutif Bukan Polutif

Redaksi
Senin, 18 Januari 2021

Surabaya - Dalam rangka meningkatkan kompetensi Kepala  Sekolah Menengah Kejuruan Khusus Angkatan Laut / SMK KAL-1 , Senin, (18/01/21) Tim Visitasi dari Ketua Pelaksana  Penilaan Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) Wilayah Sidoarjo-Surabaya  Drs Abdul Hamid, M.T di damping  Pengawas SMK Drs  Boedi Prasodjo  berkunjung ke SMK KAL-1 diterima oleh Kepala Sekolah Letkol Laut (KH) Drs Ambar Kristiyanto, M.Si di  Ruang Praktek Siswa (RPS). 

Sambutan pertama di sampaikan oleh Kepala Sekolah SMK KAL-1 Letkol Laut (KH) Drs Ambar Kristiyanto, M.Si yang menyampaikan tentang visi dan misi sekolah dan di tutup dengan pemutaran video kinerja    selama 14 bulan memimpin sekolah ini. 

Dalam sambutannya  Kepsek menyampaikan bahwa ,   tujuan diadakannya  PKKS  juga untuk mempersiapkan diri menghadapi  akreditasi sekolah yang akan jatuh pada tahun 2021 ini juga.  Menurutnya  penilaian PKKS akan meliputi Tugas Pokok dan Fungsi Kepala  Sekolah, Tugas Tambahan, Manajerial, Kewirausahaan, dan Supervisi. Disamping itu seorang kepala sekolah dituntut harus memiliki tugas tambahan membuat karya inovasif. Dalam hal ini Kepala Sekolah SMK KAL-1 menunjukkan 3 karya inovatifnya kepada Tim PKKS antara lain :  Tas Cerdas Haji ( Smart Bag Haj) , Dongkrak Electric dan  miniatur Kapal Kumbokarno ( Kapal Penanggulangan Bencana). Ketiga karya inovatif diatas merupakan penjabaran dari butir ke 152 tentang  penilaian seorang Kepala Sekolah

Ketua Tim PKKS menyampaikan bahwa yang dimaksudkan Penilaian Kenerja Kepala Sekolah  (PKKS) bukanlah Kinerja Kepala Sekolah sendirian , hakekatnya adalah kinerja sekolah secara keseluruhan, hanya yang sangat berperan disini adalah manajemen seorang kepala sekolah . Sebagai contoh menurutnya bahwa butir PKKS ini adalah  156, namun  butir dokumen yang akan di cocokkan hanya 145. Untuk butir ke-146 hingga 156 adalah untuk Penilaian Kepala Sekolah SMK Negeri . karena ada hubungannya dengan kenaikan pangkat. Oleh karena itu nanti akan di cocokkan antara tuntutan  butir instrumen dengan dokumen yang ada.

Drs Abdul Hamid, M.T selaku Ketua Tim PKKS secara terpisah  melakukan penilaian dibidang Kurikulum dan Opsdik dan Keiswaan dan Humas,  dalam kesempatan tersebut kondisinya dijelaskan oleh Waka Kurikulum dan Opsdik Ari Sutriyono, S.Pd., M.M  dan Waka Kesiswaan dan Humas Munawar, S.Pd. Sedangkan untuk pemeriksaan bidang sarana dan prasarana  dari Pengawas Cabdin Drs. Boedi Prasojo  dijelaskan oleh Waka Sarpras dan IT Karno Setyo Budi, S.Pd ., M.M., M.Pd

Meskipun pelaksanaan pemeriksaan  oleh tim PKKS masih dalam masa pandemi covid-19, semuanya dilakukan dengan mengacu kepada protokol kesehatan yang ketat, (melaksanakan cuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak) dan dipasang difuser probiotik untuk menseterilkan ruangan.

Diakhir penilaian, Kepsek Pamen berpangkat melati dua di pundaknya ini  dan  masih aktif sebagai prajurit TNI AL di Kotama Komando Pembinaan Doktrin,  Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut ( Kodiklatal ) dapat  menyimpulkan bahwa dengan adanya kekurangan yang di sampaikan  tim Penilai, sesuai dengan visi sekolah : " Terwujudnya generasi  berakhlak mulia yang memiliki kopetensi  unggul terhadap kemajuan teknologi pada zamannya "  dan misi sekolah :  "Meningkatkan  manajemen sekolah berbasis mutu, Meningkatkan pencapaian quality assurance  siswa sesuai keahliannya,  Meningkatkan profesinalisme dan kesejahteraan tenaga pendidik/ tenaga kependidikan, membangun komunikasi kerja sama dan silaturahmi antara  wali murid, instansi  terkait dan lingkungan sekolah secara berkesinambungan  dan tersedianya  dana mandiri untuk operasional sekolah. Maka untuk menindak lanjuti temuan beberapa kekurangan tersebut, ke depan SMK KAL-1 akan berusaha menjadikan   sekolah yang.bisa menghasilkan generasi Solutif  yang akan memberikan solusi terhadap permasalah yang di hadapi, bukan Polutif yang selalu membuat masalah, sehingga sekolah ini kedepan akan menjadi  dambaan masyarakat dan negara yang diidam-idamkan oleh segenap keluarga besar SMK KAL-1.(AD)