Menjaga mental anak di masa pandemi covid-19 -->

Iklan Semua Halaman

Menjaga mental anak di masa pandemi covid-19

Redaksi
Rabu, 04 November 2020

Labuhan batu || ak.
Wabah infeksi virus Corona atau covid-19 semakin meluas dan telah menjangkit hampir seluruh negara, termasuk Indonesia. Di Indonesia, jumlah pasien positif covid-19 bertambah dengan sangat cepat.

Bagi  setiap orang tentu merasa takut dan khawatir ditambah dengan adanya peraturan social distancing atau sering kita dengar fysical distancing menimbulkan jarak antara keluarga, sahabat, rekan kerja, teman, tak terkecuali di tempat ibadah pun saling memberi jarak.

Pandemi virus Corona tidak hanya mengancam kesehatan fisik, namun juga mental setiap orang. Apalagi anak-anak. Anak sekolah yang selama ini belajar di sekolah harus belajar di rumah secara online. Biasanya di sekolah belajar dan bermain dengan teman sekolah sekarang belajar dan bermain di rumah. Ini akan menimbulkan efek psikologis anak bisa berdampak serius.

Hal ini bisa dirasakan sebagai suatu tekanan atau beban yang sangat besar. Bila tidak dikendalikan, tekanan tersebut akan berdampak negatif pada mental anak.

Berikut ini cara menjaga mental anak-anak selama pandemi virus Corona:

1. Mendampingi anak saat belajar

Membantu pembelajaran daring anak, seperti membantu mengerjakan tugas atau latihan pembelajaran dan memberi semangat, dapat anda lakukan selama pandemi virus corona. Dengan membantu anak saat belajar dapat meredakan stres, mengurangi rasa kesendirian, dan memperbaiki mood anak. Bisa juga menenangkan pikiran anak.

2. menjaga waktu istirahat anak

dimasa pandemi ini, anak-anak sering tidak teratur dalam beristirahat, biasa pulang sekolah istirahat, namun sekarang, tidak sekolah waktu istirahat tidak tepat. kebanyakan anak-anak bermain gadget dan tidur tidak tepat waktu, akan menimbulkan istirahat tidak teratur mengakibatkan gangguan pada mental anak maka dari itu waktu istirahat anak lebih bagus diperhatikan agar pertumbuhan anak berjalan.

3. mengajak anak melakukan olahraga

Berbagai olahraga ringan, seperti lari, lompat ditempat atau senam memakai alat musik agar anak tidak bosan. Aktivitas ini dapat mengurangi rasa bosan anak.

4.membuat aktivitas untuk anak

selama menjalani karantina di rumah,  anda bisa mengajak anak bermain yang disukai anak-anak. misalnya,  memasak, membuat kerajinan. Seperti membuat dari kaset bekas menjadi bunga dan lain-lain.

Dibuat oleh:
Riana sari Ritonga, mahasiswa program studi pendidikan matematika universitas malikussaleh. Mengikuti program KKN skema Penulisan Karya Pengabdian (kkn- PKP ) disupervisi oleh bapak Hasan Basri, S.H.,M.H. (I.G.HRP).