KRI Pulau Rupat-712 Laksanakan Uji Fungsi Sonar -->

Iklan Semua Halaman

KRI Pulau Rupat-712 Laksanakan Uji Fungsi Sonar

Redaksi
Sabtu, 14 November 2020

Surabaya || ak.
Guna mempertahankan kemampuan Sonar Buru Ranjau _Triparte Class_ yang dimiliki TNI AL, KRI Pulau Rupat-712 dari Satuan Kapal Ranjau (Satran)  Koarmada II, melaksanakan uji kemampuan deteksi dan klasifikasi terhadap kontak bawah air, bertempat di Dermaga Surabaya Jumat (13/11). 

Latihan yang dilaksanakan dengan metode _Conning Run Prosedure_, bertujuan melatih pengawak sonar dan tim _Deck Party_ dalam melaksanakan marking terhadap sebuah obyek bawah laut sekaligus untuk mengetahui _Minelike Echo_ yang diterima sonar.

Kegiatan yang disaksikan oleh Komandan KRI Pulau Rupat-712 Letkol Laut (P) Ferry Kurniawan dan staf Dislaikmatal Letkol Laut (T) Hasan, serta Dissenlekal Letkol Laut (E) Irfan Suri ini, juga untuk melatih operator sonar pemburuan ranjau hingga jarak terjauh, sehingga mampu menangkap sebuah obyek bawah laut.

" Uji fungsi ini diharapkan mampu mempertahankan fungsi asasi kapal buru ranjau, dan meningkatkan profesionalisme prajurit sekaligus kaderisasi terhadap prajurit Satran Koarmada II dalam bidang peperangan ranjau khususnya Pemburuan Ranjau, " terang Letkol Ferry Kurniawan.

Menurutnya uji fungsi ini juga sesuai dengan arahan Pangkoarmada II Laksda TNI I N.G. Sudihartawan untuk terus meningkatkan kemampuan prajurit, dan meningkatkan kondisi teknis KRI juga menindaklanjuti program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono di bidang Modernisasi KRI, Pesud dan Matpur menuju kekuatan yang siap dioperasikan (ORF).(AD).