Prajurit Siswa Kodiklatal Laksanakan Lattek Layar Gabungan Wira Jala Yudha XII/2020 -->

Iklan Semua Halaman

Prajurit Siswa Kodiklatal Laksanakan Lattek Layar Gabungan Wira Jala Yudha XII/2020

Redaksi
Jumat, 02 Oktober 2020

Surabaya || ak
Sebanyak 1.173 Prajurit Anggota Tetap (Antap) dan Prajurit siswa orang yang sedang menempuh pendidikan di Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) melaksanakan Latihan Praktek (Lattek) Layar Gabungan Wira Jala Yudha XII/2020. Lattek Layar Gabungan tersebut dilepas langsung Wadan Kodiklatal Brigjen TNI (Mar) Lukman ST., M.Si (Han) dalam upacara militer  di Dermaga Koarmada II Ujung Surabaya, Jumat (02/9).

Lattek Layar Gabungan Wira Jala Yudha ini akan dilaksanakan selama enam hari dengan menggunakan dua unsur KRI antara lain KRI Makasar-590 yang berada dibawah Satuan Kapal Amfibi Koarmada II sedangkan unsur KRI lainya adalah KRI Banda Aceh-593 yang merupakan unsur dari Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil).

Bertindak sebagai Direktur Latihan (Dirlat) Lattek Layar Wira Jala Yudha XII/2020 Kolonel Laut (P) Musleh Yadi, S.E.yang sehari harinya menjabat Komandan Pusat Pendidikan Lanjutan Perwira (Danpusdiklapa) Kodikopsla, sedangkan Perwira Pelaksana latihan (Palaklat) dijabat Letkol Laut (P) Hananto Dwi P., M.Tr Hanla., M.M.yang sehari harinya menjabat Komandan Sekolah Artileri Pusdikpel Kodikopsla.

Dari 1.173 prajurit antap dan siswa tersebut terdiri 80 Prajurit antap yang merupakan personil Satgas dan Bingsis sedangkan 1.093 orang merupakan prajurit siswa yang berasal dari tiga Kodik dan satu Puslat. Adapun ke tiga Kodik tersebut adalah Kodikopsla, Kodikdukum dan Kodikmar sedangkan satu Puslat tersebut adalah Puslatdiksarmil yang berlokasi di Juanda Sidoarjo. 

Komandan Kodiklatal Laksda TNI Nurhidayat dalam sambutan yang dibacakan Wadan Kodiklatal menyampaikan bahwa  tujuan dari pelaksanaan Lattek Wira Jala Yudha ini adalah memberikan pengetahuan kepada siswa tentang tugas-tugas di kapal antara lain dinas jaga laut pada  saat kapal berlayar, jaga anjungan, jaga komunikasi, jaga masak, jaga mesin, jaga pantri dan jaga pengawas atau caraka.

Selain itu, Lattek ini bertujuan untuk pengenalan berbagai peran di kapal diantaranya peran operatif, peran administratif dan peran darurat lainnya.  Tujuan lainnya adalah memberikan pengetahuan tentang peraturan Dinas Dalam (PDD) KRI, meliputi penaikan dan penurunan bendera, apel pagi, apel siang, apel divisi jaga, parade anjungan ronda malam dan ronda rakit.

Dankodiklatal juga berharap agar para siswa mengikuti lattek  ini dengan sungguh-sungguh, semangat yang tinggi dan berperan aktif dalam setiap kegiatan yang diadakan dan tetap mengutamakan keselamatan para siswa dengan mematuhi protokol COVID-19 dengan memakai masker, sering mencuci tangan dan jaga jarak aman, serta mengatur aktivitas dengan waktu istirahat.(AD)