Siswa Diktukpa XLIX Korps Polisi Militer Kodiklatal dapatkan Pembekalan Danpuspomal -->

Iklan Semua Halaman

Siswa Diktukpa XLIX Korps Polisi Militer Kodiklatal dapatkan Pembekalan Danpuspomal

Redaksi
Kamis, 09 Juli 2020

Surabaya || ak.
Sebanyak 9 orang Siswa Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktukpa) Angkatan ke-49 TA 2019 Korps Polisi Militer yang sedang menempuh pendidikan di Pusat Pendidikan Polisi Militer Angkatan Laut (Pusdikpomal) Komando Pendidikan Dukungan Umum (Kodikdukum) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) mendapatkan Pembekalan dari Komandan Pusat Polisi Militer Angkatan Laut (Danpuspomal) Laksma TNI Laksma TNI Dr Nazali, S.H., M.H., CHRMP  melalui Vidio Conference (Vicon), Kamis, (9/7).

Dalam Pembekalan secara Vicon tersebut Danpuspomal berada di Mabesal Jakarta sedangkan para siswa Diktukpa Korps Pomal berada di Gedung R. Sudomo Pusat Latihan Operasi Laut (Pusatopsla) Kesatrian Bumimoro Kodiklatal Surabaya.

Hadir dalam pembekalan secara Vicon tersebut Dirdiklat Kodiklatal Laksma TNI Judijanto, M.Si., MA, Komandan Kodikdukum Kolonel Laut (E) Gunawan Tri Atmojo, S.T., M.A.P Komandan Pusdikpomal Kolonel Laut  (PM)  Joko Tri Suhartono dan para Komandan sekolah dijajaran Pusdikpomal Kodikdukum Kodiklatal.

Dalam pembekalanya Danpuspomal menyampaikan sebagai prajurit Polisi Militer Angkatan Laut kita harus mendukung kebijakan Kasal antara lain Pembangunan Sumber Daya Manusia TNI AL yang unggul,  modernisasi KRI, Pesud dan Material tempur (Matpur) menuju kekuatan yang siap dioperasikan , pembangunan dan peningkatan sarana prasarana pangkalan TNI AL,  pembangunan sistim pembinaan keluatan dan kesiapan operasional yang besinergi.

Menurutnya sumber daya manusia yang berkualitas merupakan salah satu pilar penting dalam membangun kekuatan TNI AL. Oleh sebab itu dibutuhkan personel yang menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi sebagai dasar kompetensi profesinya. Selain itu dinamika organisasi saat ini melahirkan berbagai bidang penugasan yang menuntut adanya pengawak organisasi personil yang memiliki kualifikasi sesuai bidang profesi tertentu diluar profesi dasar (korps), hal ini Perlu adanya profesi untuk mewujudkan personil yang profesional.

Lebih lanjut disampaikan bahwa tugas Pomal adalah melaksanakan fungsi kepolisian militer untuk mendukung tugas pokok TNI AL antara lain meliputi penyelidikan kriminal dan pengamanan fisik,  penegakan hukum, penyelidikan,  pengurusan tahanan dan tuna tertib militer, Pengawalan protokoler kenegaraan , pengendalian lalu lintas dan penyelenggaraan SIM  tni. 

Dalam pengembangan karier Pama Pomal bisa menempuh Pendidikan Spesialisasi (Dikkspespa) Pomal, Dikmatra 1 dan Dikaplikasi 1. Sedangkan kursus yang bisa diikuti untuk menunjang profesi adalah Kursus perwira Penyidik (Suspaidik), Suspalidkrim Pamfik,  suspa Hartib. Suspa Masmil dan Suspapamfik Pers yang diselenggarakan Kodiklat TNI serta Susparustahmil yang diselenggarakan Kodiklat TNI AD.(AD)