Pembukaan Program Studi S3, Tim Asesor Lakukan Asesmen Lapangan ke Pascasarjana IAIN Lhokseumawe -->

Iklan Semua Halaman

Pembukaan Program Studi S3, Tim Asesor Lakukan Asesmen Lapangan ke Pascasarjana IAIN Lhokseumawe

Redaksi
Minggu, 09 Juni 2024

Lhokseumawe – Dalam rangka pembukaan Program Studi Doktor (S3) Studi Islam pada Program Pascasarjana IAIN Lhokseumawe tim asesor lakukan Asesmen Lapangan (AL). Kegiatan yang berlangsung pada 06-07 Juni 2024.


Dua asesor diantaranya Prof. Dr. Ulfiah, M.SI, CPCE, MCE, Guru Besar UIN Sunan Gunung Djati Bandung, dan Dr. Sri Rahmi, M.A dari UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Selain itu, turut hadir Nurul Komar dan Agus dari Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kementerian Agama RI Jakarta.


Direktur Pascasarjana IAIN Lhokseumawe, Syahrizal, Ph.D menyebutkan saat ini Pascasarjana IAIN Lhokseumawe memiliki 5 Prodi magister, diantaranya Pendidikan Agama Islam, Manajemen Pendidikan Islam, Komunikasi Penyiaran Islam, Hukum Keluarga Islam dan Ekonomi Syariah. Sebutnya.


Rektor IAIN Lhokseumawe, Prof. Dr. Danial, S.Ag., M.Ag. Dalam sambutannya, Prof. Danial menyampaikan ucapan selamat datang di kampus bertajuk “kampus peradaban” dan terima kasih kepada para asesor yang hadir untuk melakukan visitasi dalam rangka izin pembukaan Prodi S3 Studi Islam.


Rektor menyebut, sebagai bentuk ikhtiar bersama segala bentuk masukan dan kritik yang membangun sangat dibutuhkan dari para asesor untuk pengembangan prodi dan program pascasarjana IAIN Lhokseumawe ke depannya tentunya dalam upaya perbaikan diri menjadi lebih baik lagi. tutur Rektor.


Tim Asesor Prof. Ulfiah dalam sambutannya merasa senang dapat bersilaturrahmi kembali ke IAIN Lhokseumawe. Menjelaskan bahwa visitasi ini bertujuan untuk mengecek data riil apakah syarat-syarat pembukaan program doktoral sudah terpenuhi. “Revisi dan tambahan data masih terbuka peluang untuk diperbaiki,” tambahnya.


Dr. Sri Rahmi, M.A menjelaskan bahwa pembukaan prodi baru kini menggunakan sistem pengisian borang terlebih dahulu sesuai dengan asesmen lapangan. Asesor akan menanyakan apa yang telah ditulis di borang untuk mengecek dan mengkonfirmasi kebenaran dokumen tersebut.


“Semua berkas disiapkan sesuai dengan borang, sehingga kami hanya mengecek untuk kelengkapan dan konfirmasi dokumen yang sesuai,” jelasnya.


Acara ini juga dihadiri oleh para Wakil Rektor, jajaran pimpinan Pascasarjana, Para Dekan, Kepala LPM dan LPPM, Kepala UPT Perpustakaan, Kepala TIPD, dan jajaran pimpinan terkait. (NA)