LPI Al-Alif Malikussaleh Gelar Ujian Semester Genap -->

Iklan Semua Halaman

LPI Al-Alif Malikussaleh Gelar Ujian Semester Genap

Redaksi
Sabtu, 01 Juni 2024

Aceh Utara - Dalam rangka mengevaluasi proses "beut" selama satu semester, LPI Al-Alif Malikussaleh gampong Lhok Jok Kec. Kuta Makmur Kab. Aceh Utara gelar ujian semester genap tahun 1445 H, Jumat, 31 Mei 2024.


Pelaksanaan ujian semester genap merupakan ujian kenaikan kelas.


Dimana LPI Al-Alif Malikussaleh baru memiliki 2 kelas, yaitu kelas Tahjizi A dan kelas Tahjizi B dengan jumlah santri per kelas adalah   36 santri kelas Tahjizi A dan 18 santri kelas Tahjizi B.


Artinya untuk ujian semester genap ini diikuti oleh 54 santriwan dan santriwati.


"Ujian merupakan evaluasi bagi santri untuk mengetahui sampai dimana pemahaman santri tentang kitab dan sejauh mana sudah hafalan santri tentang nahwu dan sharaf dan juga dengan adanya ujian kita dapat mengetahui sejauh mana kepedulian wali santri dalam hal pengajian, kalau santrinya bisa saat ujian berarti santri selalu dalam pengawasan walinya dirumah untuk muraja'ah dan berhafal, namun bila santrinya tidak bisa saat ujian berarti kepedulian wali terhadap santri sangat minim, jadi pantas saja santri kadang sering bolos, dan sangat sulit untuk sukses bila apa yang diajarkan dan diterapkan di tempat pengajian tanpa dukungan orang tua santri", pungkas Tgk. Joel Buloh selaku pimpinan LPI Al-Alif Malikussaleh.


LPI Al-Alif malikussaleh merupakan salah satu tempat pengajian yang berbasis kitab Arab dan sampai detik ini (setahun lebih) tidak dibebankan iuran bulanan kepada santri dan iuran listrik, namun terserah kepada santri atau wali santri yang menginfaqkan untuk pimpinan atau untuk mengisi pulsa listrik.


"Iuran bulanan hana loen lakei meu sineuk pih bak santri atau wali, kadang na yang geujok keudroe geuh dengan kesadaran droe geuh dan pun pulsa lestrek pun kadang na yang boh kadang loen boh keudroe", lanjut Tgk. Joel Buloh.


LPI Al-Alif Malikussaleh pertama sekali aktif pengajian atau didirikan oleh Tgk. Joel Buloh adalah 9 Sya'ban 1444 H, artinya sudah hampir 2 tahun beroperasi mendidik anak Aceh sebagai persiapan generasi yang memahami kitab Arab dan sebagai tangga awal  para santri untuk melanjutkan pendidikan ke dayah-dayah besar di Aceh.


Tahun ini LPI Al-Alif Malikussaleh juga telah mengirim beberapa santri untuk melanjutkan pendidikan agamanya di dayah MUDI 1, dayah Paloh Gadeng dan dayah Abu Keutapang.[sam]