Dukung kebijakan distribusi solar bersubsidi Palaksa Lanudal Tpi ikuti Sosialisasi Fuel Card -->

Iklan Semua Halaman

Dukung kebijakan distribusi solar bersubsidi Palaksa Lanudal Tpi ikuti Sosialisasi Fuel Card

Redaksi
Kamis, 27 Juni 2024


Tanjungpinang - Palaksa Lanudal Tanjungpinang, Letkol Laut (P) Sugiran, mewakili Danlanudal Tanjungpinang, Kolonel Laut (P) Triwibowo menghadiri penerapan kartu kendali pembelian solar bersubsidi (Fuel Card) yang diselenggarakan oleh Disperindag Kota Tanjungpinang, Rabu (26/6/2024).


Sosialisasi kepada stakeholder terkait dan Forkopimda yang digelar di Hotel CK ini menghadirkan beberapa Narasumber antara lain perwakilan BPH Migas Pusat, Kepala Hiswara migas, Ketua Asosiasi Pengusaha SPBU, Dinas perhubungan, Kadisperindag dan Kepala KB Bank (Bukopin).


Fuel Card merupakan alat bayar untuk mengontrol pembelian solar bersubsidi yang dikeluarkan oleh KB Bank (Bukopin).


Tujuan penggunaan alat ini adalah untuk meminimalisir kebocoran solar bersubsidi agar penyalurannya tepat sasaran dan tidak disalahgunakan.


Alat ini juga berfungsi untuk meningkatkan pengawasan dalam distribusi dan penggunaan bahan bakar minyak (BBM) khususnya Solar bersubsidi di Kota Tanjungpinang.


Asisten II pemerintah kota Tanjungpinang, Elfiani Sandri, menyoroti pentingnya pengawasan yang lebih baik atas penggunaan BBM bersubsidi karena disinyalir masih terjadinya penyimpangan penggunaan Solar bersubsidi dan tidak tepat sasaran.


Ia menegaskan pentingnya keterlibatan semua pihak, seperti aparat keamana TNI/Polri termasuk pengusaha SPBU, dalam menjaga agar sistem ini berjalan efektif dan tepat sasaran.


Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Tanjungpinang, Riany, S.Sos, M.M, menjelaskan bahwa penggunaan fuel card Bukopin ini sangat transparan sehingga dapat mencatat kuota pembelian solar bersubsidi oleh masing-masing penerima.


"Penggunaan Fuel Card Bukopin ini merupakan inovasi yang baik karena disini tertera semuanya dan transparansi. Alat ini setelah dapat digunakan bisa membantu pemerintah daerah dalam mengawasi dan mengontrol siapa-siapa saja yang berhak memperoleh subsisdi solar ini" ucap Riany.


Pendaftaran fuel card dapat dilakukan dan dimulai secara manual  pada tanggal 28 Juni s.d 12 Juli 2024 di pasar Puan Ramah dan di SPBU2 wilayang Tanjungpinang yang akan di pandu oleh pegawai KB Bank.


Hadir pada kegiatan tersebut Letkol Laut (P) Sugiran mewakili Komandan Lanudal Tanjungpinang, perwakilan dari Dandim 0315/ Tpi, perwakilan dari Lanud RHF, Dinas perhubungan, Organda Tanjungpinang, Para Camat se kota Tanjungpinang dan Para Kades seluruh kota Tanjungpinang. kegiatan berjalan dengan aman dan lancar.[red]