Zubir.HT Minta Gubernur Ambil Peran Yang Lebih Banyak dari Temuan Cadangan Gas Terbesar Andaman. -->

Iklan Semua Halaman

Zubir.HT Minta Gubernur Ambil Peran Yang Lebih Banyak dari Temuan Cadangan Gas Terbesar Andaman.

Redaksi
Sabtu, 18 Mei 2024

 


ACEH UTARA - Zubir.HT Anggota Komisi III DPRK Aceh Utara meminta Gubernur Aceh mengambil peran yang lebih besar terhadap temuan Cadangan Gas terbesar di Laut Lepas Aceh.

Saya membaca diberita bahwa Aceh Akan Mendapat Bagi Hasil 30% dari Keuntungan Kalau temuan itu terkonfirmasi benar, itu pernyataan Gubernur sangat lemah bagi Nilai Tawar Aceh, Bagi Hasil 70:30 atau sebaliknya memang sudah diatur dalam UUPA, Aceh Tanpa Gubernur pun Bagian itu pasti didapat Aceh.

Kami meminta PJ Gubernur Aceh mengambil peran lebih besar, apakah yang Namanya Konsersium atau mengupayakan Ruang Pastisipasi Interes atau bahkan Pemerintah Aceh bisa membuka ruang kerjasama Bisnis to Bisnis dengan Mubadala, saya berharap PJ Gubernur dan timnya bisa melakukan Kajian yang lebih dalam terhadap temuan hasil Alam tersebut.

Kalau kita berharap dari Bagi Hasil, mengingat temuannya lepas pantai atau 12 mil keatas yang bagian keuntungan aceh lebih Keci maka sebanyak apapun Temuan tidak akan memberi dampak terlalu luas untuk Masyarakat Aceh.

Sebelumnya diinformasikan Mubadala menemukan eksplorasi laut dalam, tepatnya di sumur Tangkulo-1, Blok South Andaman, yang berlokasi sekitar 65-kilometer lepas pantai Aceh atau sebelah utara Lhokseumawe-Aceh Utara.

Tangkulo-1 dibor hingga kedalaman 3.400 meter di kedalaman laut 1.200 meter.

Penemuan berurutan dengan potensi lebih dari 2 TCF gas-in-place menempatkan Blok South Andaman sebagai salah satu gas plays terpenting di dunia.[rilis]