Santri LPI Al-Alif Malikussaleh "Ibda'" Kitab di Qubah Abu Panton -->

Iklan Semua Halaman

Santri LPI Al-Alif Malikussaleh "Ibda'" Kitab di Qubah Abu Panton

Redaksi
Minggu, 11 Februari 2024

 


ACEH UTARA, Aceh Kontras | Setelah khatam kitab Matan Taqrib sebulan yang lalu, santri LPI Al-Alif Malikussaleh gampong Lhok Jok Kec. Kuta Makmur Kab. Aceh Utara pimpinan Abi Joel Buloh (Abi Zulkifli, S.Pd.I, M.Pd) ibda' kitab Bajuri di Qubah almukarram Abu Panton di komplek Dayah Malikussaleh, Sabtu, 10-02-2024.


Ibda' kitab ini diikuti oleh 37 santri dari kelas tahjizi A, yang terdiri dari 17 santriwati dan 20 santriwan.


Agenda ibda kitab di qubah Abu Panton adalah sebagai tabaruk dengan Abu juga "saweu dayah" dalam rihlah santri, karena LPI Al-Alif Malikussaleh merupakan cabang dari Dayah Malikussaleh Panton Labu.


Ibda' kitab di pimpin oleh Ayah Hajar yang diawali dengan tawasul kepada Rasulullah, sahabat, alim ulama dan khusus kepada Abu Ibrahim Bardan (Abu Panton), semoga dengan karomah beliau keberkahan mengalir kepada pimpinan fan santri Al-Alif Malikussaleh.


Kemudian Ayah Hajar melanjutkan pembacaan kitab, nasehat dan doa bersama.


Setelah ibda' kitab, santri Al-Alif Malikussaleh melanjutkan makan siang di pemandangan pantai Bantayan di Seuneudon Baktiya.


Titik akhir rihlah santri ke Dayah Babussalam Alue Bili Baktiya, silaturrahmi dengan baba Zukhdi dan juga pengambilan tarekat ayat Kursi kepada Baba.


Baba Zukhdi merupakan pewaris semua tarekat dari abi beliau yaitu Abi Karimuddin murid dari Abuya Muda Wali Al Khalidi.


"Nyoe merupakan perjalanan yang sangat luar biasa, jak peuphon kitab, tabaruk dengan alm Abu Panton, tabaruk dengan Baba zukhdi, meutumei cok tarekat dan meutumei nikmati alam laut Bantayan, sungguh sangat luar biasa, ucap Abi Joel Buloh selaku pimpinan LPI Al-Alif Malikussaleh.


Semoga dengan rihlah ini, keberkahan selalu kepada LPI Al-Alif Malikussaleh dan seluruh santrinya.[sam]