Zulkifli, S.Pd.I, M.Pd (Tgk. Joel Buloh) Guru MTsN 6 Aceh Utara Yang Istiqamah Menulis Buku Setiap Tahun -->

Iklan Semua Halaman

Zulkifli, S.Pd.I, M.Pd (Tgk. Joel Buloh) Guru MTsN 6 Aceh Utara Yang Istiqamah Menulis Buku Setiap Tahun

Redaksi
Rabu, 31 Januari 2024


ACEH UTARA, Aceh Kontras | Zulkifli, S.Pd.I, M.Pd (Tgk. Joel Buloh) guru MTsN 6 Aceh Utara yang istiqamah menulis buku setiap tahunnya sejak tahun 2014 .


Beliau meniti karir menulisnya sejak menimba ilmu perpolitikan di Sekolah Demokrasi Aceh Utara (SDAU) dibawah pimpinan Edi Fadil, SH.


Zulkifli merupakan alumni dari IAIN Lhokseumawe di Strata 1 dan Strata 2 dan juga alumni Dayah Malimussaleh Panton Labu.


Selain sebagai guru di MTsN 6 Aceh Utara, Zulkifli juga memimpin LPI Al-Alif Malikussaleh, yaitu salah satu lembaga pendidikan agama yang bergerak dalam pengajian kitab gundul (kitab kuning) cabang dari Dayah Malikussaleh Panton Labu.


Sejak tahun 2014 sampai dengan 2023, Zulkifli selalu menerbitkan buku-buku barunya, bahkan sudah 8 buku singgle yang beliau cetak dan semuanya ber ISBN. Bahkan di tahun 2024 ini yang hanya baru sebulan, Zulkifli telah mulai menulis buku untuk dicetak di tahun ini juga.


Adapun buku-buku yang telah Zulkifli terbitkan adalah:

1. Islam dan Dinamika Demokrasi, tahun 2014.

2. Panduan Pembelajaran Informatika/Teknologi Informasi & Komunikasi Untuk MTs/SMP Kelas VII, tahun 2020.

3. Panduan Pembelajaran Informatika/Teknologi Informasi & Komunikasi Untuk MTs/SMP Kelas VIII, tahun 2020.

4. Panduan Pembelajaran Informatika/Teknologi Informasi & Komunikasi Untuk MTs/SMP Kelas IX, tahun 2020.

5. Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Tunagrahita, tahun 2020.

6. Ide Membangun Bangsa Dengan Menulis, tahun 2021.

7. Problematika Fiqhiyah dan Solusinya, tahun 2022.

8. Informatika, tahun 2023.


Selain buku ini, juga ada 2 buku yang beliau tulis bersama rekan mahasiswa S-2 Pascasarjana IAIN Lhokseumawe angkatan I dan juga bersama rekan Siswa SDAU angkatan IV.


Dan buku yang sedang beliau garap di tahun 2024 ini dengan judul Pendidikan Dasar Aqidah Ahlisunnah Waljamaah. Beliau sangat berharap doa dari pembaca agar buku ini kelar tepat waktu.


Tentang motivasi beliau menulis setiap tahun adalah kata beliau "Tulisanlah yang membuat manusia akan terus hidup beribu-ribu tahun kelak, walau jasadnya telah fana".


Menulis merupakan salah satu karya inovasi yang bwrmanfaat bagi pengembangan diri sendiri dan bagi khalayak umum yang membacanya.[sam]