H.Akhyar Kamil. SH Bantu Pulangka Empat Jenazah Warga Aceh yang Meninggal di Perantauan dalam Sehari -->

Iklan Semua Halaman

H.Akhyar Kamil. SH Bantu Pulangka Empat Jenazah Warga Aceh yang Meninggal di Perantauan dalam Sehari

Redaksi
Selasa, 26 Desember 2023

 


ACEH UTARA, Aceh Kontras | Ketua Umum Persaudaraan Aceh Seranto, H.Akhyar Kamil, SH, tak  pernah lelah dalam membantu putra putri Aceh yang  meninggal dunia di perantauan kali ini dalam satu hari 4 (Empat), Jenazah di pulangkan sekaligus di hari yang sama atas permintaan keluarga dan mengetahui kepala Desa setempat, dua dari Batam dan dua dari Jakarta." Senin (25/12/2023)


Hal tersebut disampaikan oleh H. Akhyar Kamil. SH, kepada media ini melalui Ketua DPD Ormas PAS, Aceh Utara Efendinur, setelah dilakukan serah terima jenazah yang terakhir  kepada keluarga IFANI, di dusun, Blang Kumbang, Riseh Baroh, Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Utara.


Efendinur, mengatakan, hari ini Persaudaraan Aceh Seranto (PAS), Pulangkan Empat Jenazah warga Aceh secara bersamaan dalam sehari, atas permohonan keluarga dan mengetahui kepala desa."ucapnya Efendi.


Tambah efendi, dua Jenazah dari jakarta dan dua dari Kepri Batam, kami kantu pulangkan secara gratis ke kampung asal masing-masing."Ucap Efendi. 


Ke empat jenazah tersebut meninggal dunia dikarenakan sakit, dua jenazah dari ibukota jakarta, dan dua jenazah lagi dari Kodya Batam, Ifani meninggal dunia di Rumah Sakit Hermina Tangerang, dan Suhaimi meninggal dunia di RSUCM, Jakarta.


Sedangkan  Dua lagi meninggal dunia di Rumah Sakit  Batam kepulauan riau, yaitu Syarkawi dan Zulfani." Papar Efendi.


Efendi menambahkan, berdasarkan surat permohonan dari kepala desa, Riseh Baroh kecamatan sawang Aceh Utara, dan surat kepala desa krueng seupeng kecamatan kuta makmur Aceh Utara, dan surat permohonan Geusyik Gampong Parang Sikureung kecamatan matang kuli.


dan yang ke empat surat permohonan  Geusyik Gampong Pasie Jambu Kecamatan Kawai XVI Kabupaten Aceh Barat, yang disampaikan kepada ketua DPAC, dan DPC ke DPD Ormas PAS, dengan tembusannya turut di sampaikan kepada DPW dan DPP, PAS. perihal permohonan pemulangan jenazah secara gratis, ini merupakan jenazah yang ke 340 jenazah yang di pulangkan secara gratis oleh Persaudaraan Aceh Seranto." Kata Efendi.



H.Akhyar Kamil. SH, selaku Ketua Umum Persaudaraan Aceh Seranto, menyahuti permintaan tersebut, lalu memerintahkan kepada para relawan yang di pimpin baik yang ada di DPP dan di daerah untuk mengurus administrasi pemulangkan serta mengantar jenazah sampai ke rumah duka di aceh dimana tempat nya masing-masing berdomisili.


H.Akhyar Kamil. SH, menyampaikan tersebut kepada media ini, jenazah yang dipulangkan tiga warga Aceh Utara, dan satu warga Aceh Barat.


Syarkawi Bin tgk Nurdin 26 tahun, kelahiran Krueng Seupeng,16 /9/1997, warga dusun Bale Giri desa Krueng Seupeng Kecamatan Kuta Makmur Kabupaten Aceh Utara, tutup Usia Sabtu pada tanggal 23/12/23, di RS Batam, namun Jenazah dari Batam di terbangkan ke Kualanamu Medan dengan maskapai Lion JT 0971.


dan ZULFANI Bin Abdul Hamid, 27 tahun kelahiran 18/6/1998, warga desa parang sikureung Kecamatan Matang Kuli Kabupaten Aceh Utara, meninggal dunia pada hari sabtu tanggal yang sama di RS Batam, dikarenakan sakit.


Jenazah dari Hang Nadim di terbangkan ke kualanamu Deli Serdang Sumatra, dengan Pesawat Lion JT 0971, sedangkan, Ifani 23 tahun, kelahiran Riseh Baroh 03/04/2000,Warga dusun blang Kumbang Desa Riseh Baroh  Kecamatan Sawang Aceh Utara, tutup Usia, pada hari dan tanggal yang sama, namun cuma tempat yang berbeda, yaitu di Rumah Sakit Hermina Tangerang Banten.


Dikarenakan sakit yang  di alaminya, Jenazah dari Jakarta menggunakan maskapai Garuda Indonesia GA 0182 ke Bandara Kualanamu-Medan.


Sedangkan Suhaimi HAS, 55 tahun, pria kelahiran 3/4/1968, adalah merupakan Pasien Rujukan dari Meulaboh Aceh Barat, namun meninggal dunia dunia pada hari sabtu 23/12/23, setelah sempat di rawat beberapa hari di rumah sakit umum cipto mangunkusumo (RSUCM) Jakarta.


Jenazah di pulangkan ke Aceh Barat via Bandara Sulthan Iskandar Muda (SIM) dengan menggunakan maskapai Garuda Indoneaia."Kata Ketum PAS. 


Jenazah Suhaimi HAS, tiba di Bandara Sultan Iskandar muda Banda Aceh, pada hari minggu tanggal 24/12/23 Pukul 11:00 wib, siang, dan disambut langsung  oleh relawan yang ada di ibukota Aceh.


Guna untuk  di antar ke rumah duka di Desa Pasie Jambu Kawai XVI Aceh Barat, dengan Ambulance Nopol B.2087 UKL, milik Persaudaraan Aceh Seranto, tiba di rumah duka pada pukul 16:07 wib.


Namun ketiga Jenazah yang tiba di Bandara Kualanamu, minggu 24/12/23 dari jakarta dengan Pesawat Garuda Sedangkan dari Batam dengan Lion dengan waktu yang berbeda di Bandara Kualanamu.


Jenazah tersebut di sambut oleh para relawan Ormas PAS, yang menjemput dari Aceh yang sudah menunggu terlebih dahulu.


dari kualanamu jenazah tersebut diantarkan langsung ke rumah duka dengan menggunakan tiga Unit Ambulance Nopol B.8171 NM, BK 1774 YX serta B 1890 VOZ Milik Aceh Seranto. 


tiba dirumah duka, pada minggu malam, 24/12/23, Zulfani tiba pukul 22:00 wib, dan Syarkawi,tiba di kampung kelahiran pukul 23:20 wib, sedangkan Ifani tiba senin pagi 25/12/23, sekira pukul 00:59 wib."pungkas Akhyar Kamil.[Pawang]