Terkendala biaya Pemulangan Jenazah TKW, Almarh NURBAITI dari Malaysia ke Aceh, H.Akhyar Kamil dan T. Haikal Cs Lakukan Proses Raising Fund -->

Iklan Semua Halaman

Terkendala biaya Pemulangan Jenazah TKW, Almarh NURBAITI dari Malaysia ke Aceh, H.Akhyar Kamil dan T. Haikal Cs Lakukan Proses Raising Fund

Redaksi
Rabu, 08 November 2023


ACEH UTARA, Aceh Kontras | Nurbaiti Binti Ismail (43) warga Dusun Cot Trieng Timur Desa Uteun Geulinggang Kecamatan Dewantara Kabupaten Aceh Utara meninggal dunia di Negeri Jiran Malaysia di kamar kost pada 28 Oktober 2023 dan baru diketahui oleh warga pada tanggal 02 November." Selasa (08/11/2023)


Polis Malaysia melakukan Evakuasi terhadap jenazah Nurbaiti ke Hospital Selayang Negara Jiran  Bagian Selangor,  dan diketahui oleh pihak keluarga pada (02/11) sore melalui M. Jafaruddin, salah seorang keluarga Almarhumah yang juga warga Migran di Negeri Raja di raja. 


Akibat terkendala biaya keuangan untuk proses pemulangan jenazah ke desa tempat Nurbaiti berdomisili, maka jenazah Nurbaiti agak tersendat di negeri Jiran, pihak keluarga di kampung melalui geusyik Gampong memohon bantuan kepada ketum PAS, hal tersebut disahuti oleh Ketua umum DPP Persaudaraan Aceh Seranto H. Akhyar Kamil, SH. dan  T. Haikal cs. 


Pada tanggal 03/11/ T. Haikal melakukan proses di Malaysia dengan biaya RM 5200, Ketum Ormas Persaudaraan Aceh Seranto, H. Akhyar Kamil bantu dana Rp 5 juta dan ambulance gratis dari Kualanamu ke rumah duka, sementara kekurangan di bantu oleh keluarga Serta Kak Putri dan T. Haikal di Malaysia.


Jenazah Nurbaiti setelah menjalani tahapan demi tahapan proses maka diterbangkan dari Malaysia ke Bandara Kualanamu Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut) pada Senin (06/11/23) dengan maskapai MH 860 Milik Malaysia." kata Akhyar Kamil, SH via pers rilisnya.


Akhyar Kamil, SH, menambahkan, pemulangan jenazah Almarhumah Nurbaiti Bin Ismail, dari Kualanamu ke Uteun Gelinggang Dewantara Aceh Utara, menggunakan Ambulance milik Persaudaraan Aceh Seranto dan diiringi oleh para Relawan ormas PAS menggunakan 12 mobil dari beberapa DPD dan DPC Aceh Utara, Lhokseumawe hingga Bireuen menuju rumah duka." Kata Akhyar Kamil.


Lanjut Akhyar Kamil, Relawan Persaudaraan Aceh Seranto senantiasa selalu siap siaga melaksanakan misi Sosial Kemanusian menjadi program perioritas Organisasi ini dengan selalu stanbay dengan Ambulance menunggu perintah penjemputan jenazah." Jelas Ketum Ormas PAS.


H. Akhyar Kamil menambahkan, Jenazah Almarhumah Nurbaiti Binti Ismail ini adalah merupakan jenazah 323 warga Aceh yang meninggal di perantauan dipulangkan secara  gratis oleh Persaudaraan Aceh Seranto.


Jenazah Nurbaiti tiba dirumah duka pada pukul 19.01 Wib hari Senin (06/11) diserahkan langsung kepada keluarga duka diwakili oleh geusyik Gampong Uteun Geulinggang, Yusuf Beransah, dan dihadiri para Relawan Ormas PAS serta ratusan masyarakat yang melayat kerumah duka.


T. Rahmat Akbar,  selaku wakil sekretaris jenderal (Wasekjen) Pimpinan Pusat Persaudaraan Aceh Seranto juga ikut  hadir pada penyerahan jenazah Nurbaiti Binti Ismail di rumah duka.


Sungguh tidak disangka janji Allah kepada kita, sebelum jenazah Nurbaiti tiba di rumah duka, maka terlebih dahulu.

Ummiyah, ibunda kandung dari Almarhumah Nurbaiti juga ikut di panggil  oleh Allah SWT untuk kembali kepadanya, ibunda almarhumah meninggal dunia di Krueng Mane pada hari  penungguan jenazah anaknya yaitu jenazah almarhumah Nurbaiti dalam perjalanan dari Kualanamu menuju ke rumah duka.[Pawang]