Pangdam Iskandar Muda Ziarah Komplek Makam Sultan Al-Malik Ash-Shalih -->

Iklan Semua Halaman

Pangdam Iskandar Muda Ziarah Komplek Makam Sultan Al-Malik Ash-Shalih

Redaksi
Jumat, 20 Oktober 2023


LHOKSUKON, Aceh Kontras | Pangdam Iskandar Muda Mayjend TNI Novi Herlmy Prasetya, S.I.P., M.I.P., bersama ibu ketua Persit KCK Daerah Iskandar Muda Ny. Iin Novi Helmy Prasetya beserta rombongan melakukan ziarah ke komplek makam Sultan Al-Malik Ash-Shalih beralamat di Gampong Beiringen Kecamatan Samudera Kabupaten Aceh Utara, Jum'at (20/10/2023).

Rombongan disambut oleh Muspika Samudera, tokoh ulama Samudera dan juga tokoh masyarakat setempat.


Acara yang laksanakan setelah shalat jum'at ini di awali dengan samadiyah do'a oleh Abi Zulfahmi Aron pimpinan dayah Samudra Pasai kemudian dilanjutkan dengan pemaparan singkat sosok Sultan Al-Malik Ash-Shalih yang di sampaikan oleh peneliti CISAH ustad Sukarna Putra, dalam penjelasannya Sukarna Putra memaparkan sosok sang Sultan berdasarkan inskripsi yang terpahat dipusaranya, dilanjutkan dengan sosok Sultan Muhammad Malik Adh- Dhahir, dan diakhir pemaparannya Sukarna Putra berterimakasih kepada Kodam Iskandar Muda yang selama ini peduli terhadap situs sejarah Aceh yang terbengkalai dengan membersihkannya pada setiap giat jum'at bersihnya.


Usai pemaparan sejarah pangdam juga memberikan bingkisan dan santunan kepada puluhan anak yatim juga kaum duafa dilingkungan setempat, hingga pukul 15.10 rombongan pun meninggalkan lokasi.[AH]