Tingkatkan Daya Tahan Fisik, Prajurit Lanudal Kupang Rutin Latihan Hanmars -->

Iklan Semua Halaman

Tingkatkan Daya Tahan Fisik, Prajurit Lanudal Kupang Rutin Latihan Hanmars

Redaksi
Rabu, 23 Agustus 2023


Aceh Kontras| Guna meningkatkan daya tahan fisik disaat cuaca ekstrim yang terjadi saat ini, prajurit Pangkalan Udara TNI Angkatan Laut (Lanudal) Kupang Puspenerbal secara rutin melaksanakan latihan Ketahanan Mars (Hanmars) yang dilaksanakan dilingkungan pangkalan menempuh jarak 9 km pada Rabu (23/8/2023).


"Hanmars adalah bagian dari mata pelajaran jasmani militer yang mengutamakan ketepatan berjalan kaki dengan tempo tertentu untuk mencapai suatu sasaran tempat," kata Komandan Lanudal Kupang Letkol Laut (E) Dian Supiandi usai melaksanakan Hanmars di Mako Lanudal Kupang.


Hal tersebut lanjut Dian, selaras dengan perintah harian pimpinan TNI/TNI AL tentang Sumber Daya Manusia yang unggul dan profesional dalam hal ini untuk meningkatkan kemampuan serta ketahanan jasmani prajurit. 


"Tujuan dari latihan Hanmars ini agar para Prajurit Lanudal Kupang tetap terjaga kemampuan fisik atau kesegaran jasmaninya serta yang tak kalah penting adalah moril semangat serta jiwa korsa sebagai anggota Penerbangan Angkatan Laut," terangnya.


Latihan Hanmars kali ini lanjutnya, dilaksanakan sesuai mekanisme yang telah disiapkan, mulai dari pengecekan tensi darah, peregangan dan pemanasan untuk mengindari kram otot pada saat pelaksanaan selanjutnya  briefing tentang rute Hanmars, dengan titik start dan finish dengan jarak tempuh 9 Km di lingkungan sekitar Lanudal.


Di tengah rute perjalanan, prajurit Lanudal Kupang juga laksanakan bongkar pasang senjata sekaligus untuk membersihkan senjata yang dipegang oleh para prajurit.


Rute Hanmars kali ini hanya berada di sekitar lingkungan Lanudal namun lengkap dengan tanjakan, turunan, jalan aspal, tanah, serta jalan setapak.[red]