H. Akhyar Kamil.SH Pulangkan TKW Terlantar Di Arab Saudi Ke Aceh Timur -->

Iklan Semua Halaman

H. Akhyar Kamil.SH Pulangkan TKW Terlantar Di Arab Saudi Ke Aceh Timur

Redaksi
Selasa, 22 Agustus 2023


ACEH TIMUR, Aceh Kontras | Rita Zahara (26) wanita kelahiran Cot Keh kecamatan Peureulak Kota kabupaten Aceh Timur yang merupakan TKW asal Aceh yang mengadu nasibnya ke Arab Saudi melalui PT. Panca.


Namun naasnya ia malah dibohongi oleh ejen yang membawa nya ke Arab Saudi, ia dikabarkan terlantar di Arab Saudi sejak bulan April 2023." Selasa (22/08/2023)


Aura kebahagiaan tampak terpancar dari wajah Rita Zahara (26) TKW asal Kabupaten Aceh Timur, setelah terkatung katung beberapa bulan di Arab Saudi akhirnya TKW tersebut bisa berkumpul kembali bersama keluarga nya berkat Bantuan Ketua Umum Persaudaraan Aceh Seranto H. Akhyar Kamil. SH yang memfasilitasi proses pemulangan dari Arab Saudi ke Indonesia dan sampai kekediamannya.


Rita Zahra adalah seorang Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang telah bekerja sebagai Pembantu Rumah Tangga (PRT) sejak Maret 2023. Sebelum ke Arab Saudi Rita Dijanjikan bekerja sebagai klining Servis.


Ternyata iya dibohongi oleh ejen, dan bahkan Rita dijual ke majikan, Rita terpaksa harus melarikan diri dari rumah majikannya, dikarenakan sudah tidak tahan dengan sikap majikannya di Arab Saudi, dan dia sangat mengharapkan bantuan untuk bisa pulang ke Indonesia.


Hal tersebut disampaikan oleh Rita Zahra kepada awak media ini saat ditemui dirumah ibunya di Aceh Timur.


Rita menambahkan, setelah melarikan diri dari rumah majikan, saya meminta Bantuan keberbagai pihak untuk dapat membantu memulangkan saya ke Aceh, namun pada saat itu belum ada yang mau membantu, bahkan ada yang meminta uang 50 persen untuk proses pemulangan saya ke Aceh.


sedangkan saya tidak  ada uang sama sekali, bagaimana bisa saya bayar 50%. Ujar Rita Zahra.


"Tapi saya yakin akan ada yang mau membantu saya, sampe akhirnya saya menghubungi H. Akhyar Kamil. SH yang kebetulan beliau sedang berada di Arab Saudi dalam rangka menunaikan ibadah haji. 


"Berkat bantuan pak H.Akhyar Kamil.SH yang merupakan ketua umum Persaudaraan Aceh Seranto (PAS) saya telah tiba dirumah orang tua saya diantarkan oleh Relawan Persaudaraan Aceh Seranto Kabupaten Aceh Timur." Papar Rita. 


Rita melanjutkan, Alhamdullilah, pak Akhyar Kamil yang memfalisitasi pemulangan dari Arab Saudi ke Jakarta hingga ke Aceh, bahkan membelikan saya tiket pesawat dari jakarta ke medan dan diberikan uang saku, cerita Rita Zahara kepada Zulkifli Aneuk Syuhada yang merupakan Ketua DPD PAS Aceh Timur. 



Lanjutnya, "Saya sangat berterimakasih atas bantuan yang diberikan kepada saya oleh ketum PAS dan jajarannya, saya sangat bahagia telah tiba di Aceh dengan selamat, dan sudah bisa berkumpul kembali dengan keluarga saya, ujar Rita dengan nada sedih dan berlinang air mata."ucap Rita.


Hal senada juga disampaikan oleh Tgk Nurdin pimpinan Dayah Nurul Ulum, "Kami tidak sanggup membalas atas bantuan yang sudah diberikan kepada kami oleh ketum Persaudaraan Aceh Seranto (PAS) namun hanya  Allah lah yang akan membalasnya, semoga niat baik H. Akhyar Kamil, dan teman teman Relawan PAS dibalas oleh Allah."Kata Tgk Nurdin.


Tgk Nurdin melanjutkan,  hal seperti ini tidak mudah untuk mengurus pemulangan Rita Zahra, saya sudah meminta bantuan beberapa pihak, termasuk kepada wakil rakyat, saya mohon bantuannya, namun kata mereka itu sangat sulit.


dan bahkan butuh biaya besar, tentunya itu salah satu hal yang membuat kami pihak keluarga tidak mampu untuk membawa pulang anak kami ke Aceh.


Tapi Allah memberikan kebahagiaan kepada kami dengan bantuan H.Akhyar Kamil, SH anak kami telah tiba di Aceh, kami sangat bersyukur," tuturnya.[Pawang]