Keluarga Besar SMP Hang Tuah 5 Sidoarjo Songsong TP.2023/2024, Laksanakan Rekreasi -->

Iklan Semua Halaman

Keluarga Besar SMP Hang Tuah 5 Sidoarjo Songsong TP.2023/2024, Laksanakan Rekreasi

Redaksi
Sabtu, 08 Juli 2023


BANDUNG, ACEHKONTRAS | Setelah  melaksanakan  KBM selama TP. 2022/2023. keluarga besar SMP Hang Tuah 5 Candi Sidoarjo melaksanakan rekreasi ke kawasan wisata Bandung dan sekitarnya selama  4 hari ( 06-08 Juli 2023). Rekreasi mengambil lokasi di kawasan Bandung Jawa Barat meliputi  Saung Angklung  Mang Udjo, Great Asia - Afrika, Farm House, Floating Market, Masjid Al Jabbar. Tour ke Bandung City tersebut di kawal langsung oleh Kasatdi SMP Hang Tuah 5 Candi Sidoarjo Sumiyati, S.Pd serta  Waka Kurikulum dan Humas Fatimatus Zahra, M.Pd dan Waka Sarpras dan  Kesiswaan  Sony Indrawan , M.Pd.


Adapun tujuan  diadakanya rekreasi bagi guru dan karyawan SMP Hang Tuah 5 adakah untuk melepas penatnya selama penyelenggaraan  KBM TP.2022/2023, merekatkan hubungan sesama guru dan karyawan. Karena melalui rekreasi ini mereka bisa saling berkomunikasi lebih dekat , mengenal satu sama lainnya sehingga rasa kekeluargaan akan semakin kuat. Disamping itu menurut Kasatdik SMP Hang Tuah 5 ini rekreasi juga dapat menimbulkan ide-ide baru yang cemerlang dan dapat menambah wawasan baru.


Tidak kalah pentingnya dalam suasana rekreasi ini beberapa  guru juga dengan suka rela  tidak mengikuti rekreasi karena panggilan tugas menangani PPDB TP.2023/2023  yang waktunya juga bersamaan. Dengan demikian  semua bisa berjalan bersama-sama. 


Selama berada di Bandung rombongan menginap di hotel Grand Tjokro Bandung. Pada hari kedua  saat  pelaksanaan ramah tamah /  makan  malam  keluarga besar SMP Hang Tuah 5 Candi juga melaksanakan pelepasan kepada  guru dan karyawan  yang  telah mengakhiri masa  tugas di SMP Hang Tuah 5, mereka ini antara  lain Lilik Handayani, S.Pd,  Choirul Wahib, S.Pd,  Lita Mintarsih, S.Pd, Nian Luriana, S.Pd, Eli Anjarwati, S.Pd, Siti Masruroh, S.Pd, Nur Azizah, S.Pd. Dari ke tujuh guu  yang dilepas tersebut da 2 guru yang tidak bisa hadir, ( Lilik Handayani, S.Pd dan Eli Anjarwati , S.Pd d karenakan tugas yang tidak bisa di tinggalkan.


Kepada para guru tersebut  dari  manajemen sekolah  memberikan cinderamata, karena mereka selama beberapa tahun sudah  mengabdikan diri dan turut berperan aktif dalam keberlangsungan KBM mencerdaskan peserta didik di SMP Hang Tuah 5.


Kasatdik SMP Hang Tuah 5 Candi  Sidoarjo Sumiyati, S.Pd secara pribadi dan  kelembagaan mengucapkan banyak terima kasih  atas pengabdiannya selama ini, mudah-mudahan  segala bentuk pengorbanannya menjadi amal kebaikan, pungkasnya.


Selama dalam  tour Bandung  City , saat berada di Saung Angklung Udjo seluruh guru dan karyawan SMP Hang Tuah 5 disuguhi  pertunjukan seni budaya di Saung  Angklung Udjo, boleh jadi dikatakan sebagai etalase seni dan budaya jawa barat khususnya dan nasional pada umumnya, yang dibalut dengan kemasan alat musik angklung.


Demontrasi Saung Angklung Udjo ini  menampilkan anak2 kecil dan dewasa yang berdomisili daerah sekitar Saung Angklung Udjo , mereka dilatih oleh pihak Saung Udjo mengenai pendidikan musik khususnya angklung , gamelan musik modern, dan tari tari an, mereka semua sudah turun temurun per regenerasi sampai anak cucu yang keberadaannya sejak tahun 1966.


Semua demontrasi  ini di pandu oleh Ocha, instruktur Angklung Kang Yayan Udjo, berbagai macam seni di kemas  apik dengan  tampilan tari  Helaran /arak-arakan anak sunat, tarintopeng, Arumba angklung mini, angklung massal serta menari bersama audience yang mana seluruh guru dan karyawan Yayasan Hang Tuah terlibat langsung.


Menurut  Tata Hendayana dari divisi pertunjukan  kegiatan di Sanggar Saung Udjo ini merupakan usaha pemerintah daerah dalam melestarikan  tradisi  seni dan budaya Sunda khususnya dalam  Visi melestarikan  mengembangkan, serta memasarkan seni dan budaya tradisi 


Kegiatan selanjutnya pada hari ke dua berkunjung ke Great Asia Afrika di Bandung sudah terkenal dengan Konferensi Asia Afrika. Makanya disini menampilkan bangunan dan budaya dari sebagian negara Asia Afrika 


The Great Asia Afrika memang memiliki sensasi berkeliling ke tujuh negara. Sebab disana terdapat miniatur negara dari Indonesia, Korea Selatan, Thailand, India, Timur Tengah, Jepang hingga Afrika.


Selain miniatur negara berupa bangunan, The Great Asia Afrika juga menghadirkan berbagai budaya dari tujuh negara seperti kostum khas hingga tradisi yang biasa digelar di negara-negara Asia Afrika tersebut.


Selanjutnya pada hari ke tiga, rombongan dari SMP Hang Tuah 5 Candi Sidoarjo yang termasuk dalam naungan Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah  dengan Ketua Pengurusnya Kolonel Laut (KH) Suryanto Hadiwidodo, S.Si., M.Pd., CTMP., CHRMP  melanjutkan kunjungan ke Masjid Raya Al -Jabbar yang berada di  jalan Cimencrang No.14 Cimenerang Gedebage Bandung  sekaligus untuk melakukan Sholat dhuhur di masjid tersebut. Selanjutnya menuju ke Pasar Baru Bandung mencari bekal buah tangan untuk oleh-oleh keluarga(yht/dar).