Danwing Udara 2 Puspenerbal Hadiri Pagelaran Ludruk Presisi Untuk Negeri -->

Iklan Semua Halaman

Danwing Udara 2 Puspenerbal Hadiri Pagelaran Ludruk Presisi Untuk Negeri

Redaksi
Rabu, 05 Juli 2023


ACEHKONTRAS | Komandan Wing Udara 2, Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut (Danwing 2 Puspenerbal) Kolonel Laut (P) Ma'arif mewakili Danpuspenerbal Laksda TNI Imam Musani, menghadiri pagelaran Ludruk Presisi Untuk Negeri peringatan HUT ke-77 Bhayangkara 2023 di Balai Budaya Jl. Gubernur Suryo No. 15 Surabaya tadi malam. 


Kapolda Jawa Timur Irjen Dr. Pol Toni Harmanto dalam sambutannya yang dibacakan Karoops Polda Jatim Kombes Pol Puji Santoso mengatakan, pertunjukan ini digelar dalam rangka peringatan HUT Bhayangkara tahun 2023. 


Selain sebagai upaya untuk melestarikan budaya dan kearifan lokal, pertunjukan ini juga bertujuan untuk memupuk silahturahmi dan kebersamaan seluruh komponen masyarakat.


Pagelaran Ludruk terangnya, merupakan salah satu kesenian tradisional Jawa Timur yang telah lama dikenal oleh masyarakat Jawa Timur, khususnya di bumi Majapahit sejak abad ke 12.


Kesenian ini juga digunakan sebagai sarana untuk mengaspirasikan suara hati masyarakat yang sampai saat ini tetap eksis dan berkembang hampir diseluruh wilayah Jawa Timur. 


Kapolda Jatim berharap, melalui pagelaran kesenian Ludruk ini, kesenian asli Jawa Timur ini bisa terus berkembang dan dilestarikan dengan menanamkan nilai-nilai budaya yang ada serta dapat membantu program-program kita dalam menyampaikan pesan serta sebagai media mentransfer nilai-nilai positif dalam masyarakat. 


Pagelaran kesenian Ludruk ini mengambil tema "Ciptakan Pemilu Damai dan Jawa Timur bersih dari Narkoba". Adapun kesenian Ludruk ditampilkan, merupakan kolaborasi antara anggota kepolisian dengan legenda Ludruk Jawa Timur diantaranya ada Cak Lentu, Cak Kartolo, Cak Agus Kuprit, dan Cak Tawar.[red]