Inilah Pesan Kasad Pada Upacara 17-an Bulan November Tahun 2022 -->

Iklan Semua Halaman

Inilah Pesan Kasad Pada Upacara 17-an Bulan November Tahun 2022

Redaksi
Jumat, 18 November 2022

Merauke - Korem 174/ATW menggelar Upacara Bendera 17-an bulan November tahun 2022 dengan Inspektur Upacara Kasi Intelijen Kolonel Kav Ahmad Edi Supriyadi mewakili Danrem 174/ATW Brigjen TNI E. Reza Pahlevi, S.E, Komandan Upacara Kapten Inf Kateni yang sehari-hari menjabat sebagai Perwira Seksi Operasi Korem 174/ATW, diikuti oleh peserta upacara para Prajurit dan PNS dari satuan jajaran yang berada di wilayah Korem 174/ATW Kab. Merauke, bertempat di lapangan upacara Makorem 174/ATW Jalan Poros Tanah Miring, Kab. Merauke, Provinsi Papua Selatan, Kamis (17/11/2022).

Kasi Intel Korem 174/ATW saat membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Darat mengucapkan terima kasih yang tulus serta penghargaan yang setinggi-tinginya atas kerja keras dan dedikasi yang ditunjukkan oleh seluruh Prajurit dan PNS Angkatan Darat, sehingga sampai saat ini kepercayaan masyarakat terhadap TNI AD masih terjaga dengan baik.

Kasad juga mengapresiasi dan merasa bangga kepada seluruh Prajurit TNI AD yang terlibat dalam pengamanan dan mendukung pelaksanaan KTT G-20 yang diselenggarakan di Bali pada tanggal 15-16 November 2022 kemarin yang berjalan sukses dan lancar. Hal ini menunjukkan bangsa kita memiliki kapasitas dan kemampuan sebagai tuan rumah yang baik untuk melaksanakan event-event Internasional dan pertemuan penting sejenis lainnya.

Memasuki akhir Semester Kedua TA. 2022, saya perlu mengingatkan kepada para Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) untuk mengecek kembali program-program yang sudah dijalankan, sudah seberapa besar penyerapan anggaran yang dipertanggungjawabkan, bila ada kendala segera dilaporkan dan ditindaklanjuti, agar diakhir tahun tidak ada anggaran yang tidak terserap, karena keteledoran atau kesalahan administrasi. TNI AD harus makin memantapkan kerja dan kinerja yang efektif, efisien, transparan, akuntabel serta bertanggung jawab.

Selanjutnya Kasad juga menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan tugas dan tanggung jawab serta bentuk kepedulian TNI AD sebagai bagian dari komponen bangsa, perlu mewaspadai terjadinya fenomena bencana alam yang terjadi belakangan akibat dari intensitas curah hujan yang cukup tinggi disertai badai dan angin topan. Oleh karenanya, tingkatkan koordinasi dan sinergi dengan komponen bangsa lainnya untuk bersama-sama melakukan antisipasi dan mencegah terjadinya hal-hal yang tidak kita inginkan.

TNI AD telah mencanangkan beberapa program unggulan dalam rangka membantu pemerintah meningkatkan kesejahteraan masyarakat seperti, program ketahanan pangan, TNI AD Manunggal Air, penanganan stunting dan masalah kesehatan lainnya, rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) serta program terbaru yaitu Babinsa Masuk Dapur. Semua program tersebut sangat mulia dan bila dilaksanakan dengan sungguh-sungguh sesuai kemampuan yang kita miliki, maka manfaatnya akan sangat dirasakan oleh masyarakat. Hal ini juga menjadi implementasi dari salah satu 7 Perintah Harian Kasad yaitu, "TNI AD harus hadir ditengah kesulitan Rakyat, serta mampu memberikan solusi terbaik".

Pandemi Covid-19 masih belum berakhir dan di Negara kita ada kecenderungan kasusnya kembali meningkat, setelah munculnya subvarian baru Covid-19 yang disebut XBB. Kondisi ini menunjukkan bahwa kita belum sepenuhnya aman terhadap penyebaran Covid-19, sehingga harus tetap waspada menjaga kesehatan dengan baik. Lanjutkan membantu pemerintah dalam penanganan Pandemi Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

Tahapan Pemilu Serentak Tahun 2024 sudah berjalan, dinamika politik untuk menyongsong pesta demokrasi telah diawali dengan pendaftaran dan penetapan sejumlah partai politik yang telah dinyatakan lolos administrasi dan verifikasi faktual. Sesuai amanat Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, menyatakan TNI harus bersikap netral dan tidak terlibat politik praktis, tugas dan tanggungjawab kita hanya membantu pemerintah agar semua rangkaian dan tahapan Pemilu dapat berjalan aman dan lancar.(Red)