*Bakamla dan Secretary General for the Sea Bahas Kerjasama -->

Iklan Semua Halaman

*Bakamla dan Secretary General for the Sea Bahas Kerjasama

Redaksi
Sabtu, 22 Oktober 2022

Surabay - Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia bertemu dengan RADM Benoit De Guibert, Deputy Secretary General for the Sea (SG Mere) di kantornya, di Paris Perancis, Sabtu (22/10/2022).

Dalam pertemuan tersebut, Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia memberikan apresiasi atas bergabungnya Perancis dalam forum Head of Asian Coast Guard Agency Meeting (HACGAM) dan rencana Perancis menjadi Host pertemuan HACGAM tahun 2023 mendatang. "Saya berharap kedepan SG Mere dapat memberikan knowledge sharing untuk peningkatan kapasitas HACGAM", pungkas Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia.

Di sisi lain, RADM Guibert juga mengapresiasi peran serta aktif Indonesia, khususnya Bakamla dalam capacity building bidang maritim di kawasan regional. 

Pertemuan berlangsung dengan baik dan lancar, kedua pihak memiliki perspektif yang sama tentang pentingnya membangun maritime domain awareness untuk menjamin keamanan maritim salah satunya adalah melalui pertukaran informasi. Ini juga menjadi salah satu rencana pengembangan kerjasama antara Bakamla RI dan SG Mere yaitu mendorong pertukaran informasi dan peningkatan kapasitas melalui forum dan Diklat.

Pertemuan tersebut dilaksanakan bersamaan dengan kunjungan dalam rangka memenuhi undangan EURONAVAL 2022 di Paris Perancis yang berlangsung dari tanggal 18 sd 22 Oktober 2022. Adapun EURONAVAL merupakan pameran peralatan dan sistem angkatan laut yang menjadi agenda tahunan di Perancis. Kesempatan ini menjadi sarana brainstorming pengembangan sistem dan kemampuan Bakamla RI di masa mendatang.(Red)