Babinsa Koramil 05 Weru Dim 0726/Sukoharjo, Dampingi Poktan IV Desa Krajan Kec. Weru Panen raya Kedelai -->

Iklan Semua Halaman

Babinsa Koramil 05 Weru Dim 0726/Sukoharjo, Dampingi Poktan IV Desa Krajan Kec. Weru Panen raya Kedelai

Redaksi
Jumat, 16 September 2022

Sukoharjo Serda Joko W Babinsa Koramil 05 Weru wilayah desa Krajan menghadiri acara syukuran dan panen raya kedelai di lahan Poktan Krajan IV Ds. Krajan Kec. Weru, Kabupaten Sukoharjo.(16/09/22) 

Dari keterangan Babinsa bahwa lahan pertanaian kedelai tersebut meliputi lahan seluas 192 Ha dengan hasil rata rata per hektare 2,6 ton. Acara yang dihadiri oleh Bp. Bagas Windaryanto, SP Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Sukoharjo tersebut berjalan dengan lancar.

Selain itu hadir Bp. Hadi Pramono, SP Kabid tanaman pangan holtikultura dan perkebunan Kab. Sukoharjo, Bp. Pandiyanto, S.T.M.M Camat Weru, Bp Sutejo Kepala Ds Krajan, Bp Deni Hermawan, SP Kordinator Penyuluh Pertanian Kec. Weru beserta PPL Kec. Weru, Bp Alim Bintoro Ketua Gapoktan Ds. Krajan, Bp Sukanto Ketua Poktan IV Ds. Krajan serta anggota kelompok Tani Krajan IV sekitar 50 orang.

Adapun acara Syukuran dan Panen Raya Kedelai tersebut dimulai dengan ucapan selamat datang dari Bp Sutejo Kepala Ds. Krajan dilanjutkan dengan sambutan Bp Bagas Windaryanto, SP, Doa, Potong tumpeng dan Ramah tamah.

Kedelai sebagai sumber pangan kedua setelah padi secara umum dibudidayakan oleh petani sebagai pola pergiliran tanaman dengan pola tanam dilahan sawah adalah padi – padi – palawija (kedelai). Kedelai dari beberapa hasil pengkajian untuk beberapa varietas yang cocok untuk dibudidayakan akan mampu berproduksi secara optimal mencapai 2,5 ton per hektar.

Dengan berkembangnya komoditi kedelai di wilayah Sukoharjo, diaharapkan mampu mencukupi kebutuhan akan ketersediaan pangan serta terwujudnya pertanian secara berkesinambungan yang sedang kita galakkan bersama.(Kemplu)