Asisten I Ikuti Paripurna Penyampaian Laporan Hasil Reses DPRD Kabupaten Labuhanbatu -->

Iklan Semua Halaman

Asisten I Ikuti Paripurna Penyampaian Laporan Hasil Reses DPRD Kabupaten Labuhanbatu

Redaksi
Jumat, 23 September 2022

Labuhanbatu - Asisten I Pemerintahan dan Kesra Drs Sarimpunan Ritonga, M.Pd, mengikuti Sidang Paripurna Penyampaian Laporan Hasil Pelaksanaan Reses III DPRD Kabupaten Labuhanbatu Masa Persidangan III Tahun Sidang III Tahun 2022 diruan rapat paripurna DPRD Kabupaten Labuhanbatu jalan SM.Raja Kelurahan Ujung Bandar Kecamatan Rantau Selatan Kamis 22/9/2022.

Paripurna dpimpin oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Labuhanbatu H.M.Asrat Rangkuti yang menyarankan agar seluruh Fraksi menyampaikan hasil reses selama ini.

Laporan reses diawali dari Fraksi Gerindra yang disampaikan oleh Hj. Maisyarah, disampaikanya pada kesempatan kali ini fraksi Gerindra menyampaikan aspirasi masyarakat yang diperoleh dari reses III masa sidang III Tahun 2022 daerah pemilihan 1 sampai dengan 5.

Dikatakannya,kegiatan reses yang dilakukan anggota DPRD Kabupaten Labuhanbatu sesungguhnya masih menjadi harapan masyarakat dalam hal menyampaikan aspirasi masyarakat.

Dari reses tersebut dapat disimpulkan,  masih banyaknya peluang masyarakat untuk menyampaikan aspirasi dari bidang infrastruktur, kesehatan, kebersihan hingga bantuan-bantuan yang diberikan pemerintah, oleh sebab itu kami sangat mengharapkan kiranya pemerintah untuk menindaklanjuti apa-apa yang telah disampaikan oleh masyarakat Kabupaten Labuhanbatu.

" dan kami mengharapkan seluruh program-program yang telah direncanakan oleh pemerintah Kabupaten labuhanbatu dapat terealisasi dan bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat secepatnya".

Adapun usulan-usulan yang disampaikan masyarakat kepada kami ucap Maisarah, salah satunya sebagai berikut:  pembangunan jembatan penghubung tebing linggahara menuju tebing linggahara 1, rehab besar aula kantor lurah perdamaian, pembuatan sumur Puskesmas lingkungan Bandar Rejo penerangan lampu Jalan Kelurahan Padang Bulan, pembangunan jembatan Dusun Sidodadi Desa Sidomulyo Bilahilir, pembangunan jalan sei jawi-jawi Kecamatan Panai Hulu yang bervolume 1500 meter dan masih banyak lagi yang telah kami cantumkan dalam laporan reses  ini.



Laporan kedua disampaikan melalui lintas Fraksi yang disampaikan fraksi Golkar, dalam laporan itu tertuang dari hasil reses yang telah dilaksanakan DPRD Kabupaten Labuhanbatu ada beberapa permasalahan yang didapati yaitu di bidang pendidikan, kesehatan,  pembangunan infrastruktur, bidang perekonomian, bidang pemerintahan bidang sosial masyarakat.

" Terkait permasalahan tersebut sudah kami rangkum dalam bentuk buku yang akan kami sampaikan kepada pemerintah Kabupaten Labuhanbatu oleh karena itu kami dari 7 fraksi Kabupaten Labuhanbatu memberikan beberapa saran terhadap permasalahan tersebut".

Pertama dalam kegiatan reses yang kami lakukan masih banyak masyarakat mengusulkan tentang infrastruktur yaitu Jalan, jembatan, parit dan lain-lain karena itu sangat dibutuhkan masyarakat dan belum terpenuhi sampai saat ini.

Selanjutnya perlu pengawasan yang intensif dari dinas PUPR agar pembangunan yang dilakukan sesuai dengan bestek jangan sampai ini menjadi permasalahan kedepan.

Selanjutnya Fraksi Golkar memberikan masukan kepada Bupati Labuhanbatu agar memberi solusi hukum bila perlu menggandeng Polres Labuhanbatu dan Dandim serta DPRD tentang sosialisasi bahaya narkoba.



Menanggapi laporan itu, Bupati Labuhanbatu dr.H.Erik Adtrada Ritonga MKM, diwakili Asisten I Pemerintahan dan Kesra Drs Sarimpunan Ritonga, M.Pd, mengatakan bahwa  pertemuan yang kita laksanakan hari ini merupakan pesan yang berharga di mana kita dapat mendengarkan pokok-pokok pikiran yang disampaikan masing-masing fraksi yang didapatkan melalui reses.

Diharapkan hasil reses yang disampaikan hari ini dapat dijadikan penyusunan pokok perencanaan pembangunan daerah. melalui rapat paripurna reses III DPRD Kabupaten Labuhanbatu masa persidangan III tahun sidang III Tahun 2022 ini saya menyampaikan aspirasi dan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada pimpinan dan segenap anggota dewan yang terhormat yang telah mensosialisasikan program pemerintah dan menampung aspirasi masyarakat.

Lebih lanjut ucap Sarimpunan, Reses adalah sebagai upaya untuk menyerap dan menjaring aspirasi masyarakat sehingga diharapkan aspirasi yang disampaikan dapat disesuaikan dengan pendekatan perencanaan pembangunan daerah yang berorientasi pada proses yang melibatkan berbagai pelaku kepentingan.

"saya berharap melalui reses ini setiap permasalahan yang terjadi di masyarakat bisa disampaikan langsung melalui aplikasi sistem informasi pemerintahan daerah sehingga DPRD dan Pemkab bisa bekerja sama untuk mencari solusi dan memecahkan permasalahan yang dihadapi masyarakat".

Aspirasi masyarakat yang disampaikan ketika masa reses diteruskan untuk menjaring pokok-pokok pikiran DPRD dan selanjutnya menjadi bahan masukan usulan program kegiatan dan forum perangkat daerah agar nantinya juga dapat memberikan kontribusi terhadap kebijakan pembangunan dan dituangkan dalam rkpbd sebagai dukungan dan kebutuhan masyarakat yang nyata.



Menutup pidato, Asisten I berharap 
Kiranya reses ini dapat menjadi bahan masukan untuk proses lebih lanjut yakni terwujudnya masyarakat Labuhanbatu yang berkarakter dan sejahtera tahun 2024.


Paripurna DPRD Kabupaten Labuhanbatu kali ini diikuti Ketua DPRD Kabupaten Labuhanbatu Hj.Meika Riyanti Siregar, SH, Wakil Ketua H.M.Arsat Rangkuti, Abdul Karim, Asisten I Pemerintahan dan Kesra Drs Sarimpunan Ritonga, M.Pd, Asisten II Ikramsyah Putra Nasution, Para Kepala OPD, Staf Ahli Bupati dan anggota DPRD Kabupaten Labuhanbatu.(julip Ependi)