TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2022 Di Wilayah Kodim 0735/Surakarta Resmi Ditutup, Sasaran Selesi 100 % -->

Iklan Semua Halaman

TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2022 Di Wilayah Kodim 0735/Surakarta Resmi Ditutup, Sasaran Selesi 100 %

Redaksi
Rabu, 24 Agustus 2022

Surakarta - Kodim 0735/Surakarta telah melaksanakan program TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) sengkuyung tahap II ditahun 2022 di Ds. Cinderejo Kidul, Rt 02. Rw VII Kelurahan Gilingan Kecamatan Banjarsari. Pengerjaan TMMD memakan waktu 30 hari tersebut telah selesai 100%. TMMD bertujuan untuk membantu Pemerintah Daerah untuk mempercepat akselerasi didaerah terpencil agar setara dengan desa lainnya serta memelihara dan meningkatkan gotong royong serta kemanunggalan TNI -Rakyat. TMMD Sengkuyung tahap II di Wilayah Kodim 0735/Surakarta secara resmi ditutup oleh Komandan Kodim 0735/Surakarta Letkol Inf Devy Kristiono S.E, M.Si, Rabu (24/08/2022).

Saat Upacara Dandim 0735/Surakarta membacakan Amanat KASAD Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman diantaranya, pertama-tama marilah kita senantiasa memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas limpahan rahmat dan ridho- Nya, kita masih diberikan kekuatan dan kesehatan, sehingga dapat hadir untuk mengikuti Acara Penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II Tahun Anggaran 2022. Kegiatan acara penutupan TMMD Sengkuyung Tahap II TA 2022 diharapkan dapat dijadikan sebagai momentum untuk     meningkatkan semangat kebersamaan      dan gotong royong serta kemanunggalan antara TNI dan rakyat dalam mengakselerasi program pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Selama  satu  bulan  sejak  tanggal  26  Juli sampai dengan 24 Agustus 2022, para prajurit, Pemda dan masyarakat telah bahu membahu menyelesaikan program TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun Anggaran 2022. Kebersamaan ini merupakan sinergitas yang positif dalam mengatasi berbagai permasalahan bangsa, khususnya membantu pemerintah daerah dalam mempercepat pembangunan di wilayah.

Oleh karena itu, sebagai Kepala Staf Angkatan Darat dan selaku Penanggung Jawab Operasional TMMD, saya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada  semua  pihak  dan elemen masyarakat yang telah membantu secara moril dan materiil sehingga kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap II ini dapat terselenggara dengan aman dan lancar.

Program  TNI  Manunggal Membangun Desa ini telah dimulai sejak tahun 1980-an dengan sebutan   Program   ABRI   Masuk   Desa   (AMD). Setelah melalui berbagai evaluasi dan penyempurnaan, program TMMD yang telah berlangsung selama 42  tahun ini,  semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat mengingat sebagian besar wilayah Indonesia merupakan daerah pedesaan, sehingga keterlibatan TNI dalam membangun sarana prasarana dan infrastruktur wilayah masih sangat dibutuhkan. 

Pencapaian program sasaran fisik di atas juga diimbangi dengan pencapaian pada sasaran non- fisik  berupa  penyuluhan kepada masyarakat tentang Bela Negara, Binkamtibmas, Pertanian,  Penularan Covid-19 dan kegiatan percepatan pencapaian target dosis 3, Stunting, Posyandu dan Posbindu Penyakit Tidak Menular. Kegiatan ini  dibutuhkan dalam rangka membangun serta memperkokoh jiwa dan semangat nasionalisme masyarakat untuk mendukung program pemerintah tentang percepatan penurunan Stunting, ketahanan pangan dan penanganan kesehatan. Hadirin sekalian yang saya hormati, Sebelum   mengakhiri sambutan ini, saya selaku  Penanggungjawab Operasional TMMD menyampaikan permohonan maaf apabila dalam  pelaksanaan TMMD ini, terdapat tutur kata, sikap  dan  tingkah  laku  para  prajurit  saya,  yang tidak berkenan di hati masyarakat, baik disengaja maupun tidak disengaja.

Kemudian, ada beberapa atensi dan harapan yang perlu saya sampaikan sebagai tindak lanjut dari program TMMD Sengkuyung Tahap II tahun 2022 ini "Pertama, pelihara terus semangat kebersamaan dan Kemanunggalan antara TNI-Rakyat, jangan mudah terhasut dan terprovokasi, Kedua, pelihara terus semangat gotong royong sebagai warisan   budaya bangsa yang sudah terbina dengan baik selama ini, Ketiga, pelihara hasil program TMMD, agar manfaatnya dapat dinikmati oleh warga masyarakat dalam kurun waktu yang cukup panjang, Keempat, kepada para Dansatgas TMMD  lakukan Sengkuyung Tahap II tahun 2022 evaluasi secara menyeluruh terhadap pelaksanaan TMMD untuk dijadikan bahan perbaikan pada TMMD mendatang, Kelima, kepada para prajurit yang tergabung dalam Satgas TMMD, dengan selesainya kegiatan ini segera kembali ke induk pasukan masing-masing dan perhatikan faktor keamanan selama dalam perjalanan"

"Demikian sambutan saya, dengan mengucap Alhamdulillahirabbil'alamiin, pada hari ini, Rabu, tanggal 24 Agustus 2022, Pukul 09.00 WIB, TNI Manunggal Membangun Desa Sengkuyung Tahap II Tahun Anggaran 2022, secara resmi saya nyatakan ditutup, Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita dalam   melanjutkan   pengabdian kepada   TNI, bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia tercinta".

Selesai upacara penutupan TMMD dilanjutkan dengan penandatanganan Prasasti dan pengguntingan pita serta peninjauan di lokasi proyek TNI Manunggal Membangun Desa Sengkuyung TMMD Tahap II TA. 2022 (Pos Kotis dan sasaran fisik di RW 7 dan RW 9 Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta.

Pada  program  TMMD  Sengkuyung Tahap II  tahun  2022 yang dilaksanakan di Ds. Cinderejo Kidul, Rt 02. Rw VII Kelurahan Gilingan Kecamatan Banjarsari telah dikerjakan sasaran fisik, berupa pembuatan saluran air dengan Uditch, pengaspalan jalan, serta renovasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), dan untuk sasaran Non Fisik meliputi penyuluhan tentang Wasbang dan Bela Negara, Penyuluhan tentang Penanaman Nilai-nilai Ideologi Pancasila, Penyuluhan tentang Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba, Penyuluhan tentang Germas dan Stunting, Penyuluhan tentang HIV-AIDS, Penyuluhan tentang Administrasi Kependudukan, Penyuluhan tentang Tanggap Bencana, Penyuluhan tentang Penanggulangan Kebakaran dan Pengelolaan Sampah, serta Pembagian Sembako Gratis kepada Masyarakat kurang mampu di sekitar Lokasi TMMD.
(Arda 72)