French Navy Kunjungi IMIC Bakamla RI -->

Iklan Semua Halaman

French Navy Kunjungi IMIC Bakamla RI

Redaksi
Kamis, 21 Juli 2022

Jakarta - French Navy atau Tentara Angkatan Laut Perancis, melakukan kunjungan kerja ke Bakamla RI. Kunjungan dipusatkan ke Indonesia Maritime Information Center (IMIC) yang terletak di dalam Kantor Pusat Informasi Marabahaya Laut (KPIML), Mabes Bakamla RI, Jakarta Pusat, Kamis (21/7/2022).
 
Delegasi Perancis yang dipimpin oleh Deputy Chief of Naval Staff International Relations Vice Admiral (VADM) Christophe Lucas, dalam kesempatan ini membahas kerja sama maritim yang dapat dilakukan oleh kedua negara. Beberapa program kerja sama yang dibahas seperti pertukaran informasi dalam hal Transfer of Technology (TOT), dan Maritime Domain Awareness (MDA).
 
Kerja sama di bidang penguatan kapasitas personel juga dibahas. Kegiatannya dapat berupa pelatihan, pendidikan, seminar dan workshop. Selain itu, pelaksanaan pertemuan berkala antara kedua instansi juga dibicarakan. Wadahnya dapat melalui pertemuan High Level Meeting (HLM), dan Working Level Meeting (WLM).
 
Menyambut baik hal tersebut, Deputi Inhuker Bakamla RI Laksda Bakamla Drs. I Putu Arya Angga S. menyampaikan bahwa Indonesia melalui Bakamla RI dan Perancis telah menjalin kerja sama dalam jangka waktu yang cukup lama. Sebut saja Deklarasi Maritime Partnership yang dicetuskan pada 29 Maret 2017 dalam Dialog Maritim antar kedua kepala negara.
 
Selain itu, sejak Tahun 2015 Bakamla RI telah berpartisipasi dalam pameran perkapalan (EURONAVAL), serta seminar dan kegiatan lainnya. Diharapkan kerja sama dapat terjalin semakin kuat dari waktu ke waktu.
 
Mendampingi VADM Lucas, turut hadir pula Atase Pertahanan Perancis di Indonesia Colonel Seven Meic, dan Military Adviser of European Union Colonel Sylvian Louvet, beserta jajarannya. Di sisi lain, jajaran pejabat Bakamla RI turut hadir dalam pertemuan ini, seperti  Direktur Penelitian dan Pengembangan Laksma Bakamla Oki Samudera, S.E., M.M., Direktur Operasi Udara Maritim Laksma Bakamla Daan Sulfi, S.Sos., M.Si., M.Han., Direktur Strategi  Kolonel Bakamla Prio Budi Laksono, S.E., M.M., Kepala KPIML Kolonel Bakamla Jan Lucky Boy, S.E., M. Tr. Hanla., M.M., dan Statistisi Ahli Madya Kolonel Bakamla Ferry Johansyah, S.T. (Red)